Kapal Induk Baru China Menghilang dari Galangan Shanghai



Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China telah membangun kapal induk besar baru Tipe 003 setidaknya sejak Maret 2020. Baru-baru ini kapal induk itu menghilang dari pengamatan citra satelit.

Sepuluh tahun lalu, China tidak memiliki kapal induk yang beroperasi. China baru-baru ini terlihat membangun kapal induk yang ke-3 di galangan kapal Jiangnan di Shanghai. 

Ini adalah bagian dari modernisasi besar-besaran dan perluasan kemampuan angkatan laut.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China selalu besar. Namun, selama bertahun-tahun mereka jauh di belakang Rusia dan Barat dalam hal kualitas dan kemampuan utama. 

Hal itu berubah lewat program konstruksi besar-besaran. Kapal perusak besar, kapal fregat, dan kapal amfibi berlipat ganda dengan kecepatan yang luar biasa. Kapal-kapal China baru semakin besar dan lebih kuat dengan setiap kapal.

China tengah membangun kapal induk besar baru Tipe 003. Kapal itu akan nyaris setara dengan kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat daripada dua kapal yang sudah beroperasi dengan Angkatan Laut China. 

Analis intelijen open-source  baru-baru ini melihat sesuatu yang mengejutkan. Kapal yang belum selesai itu rupanya menghilang dari lokasi konstruksi di Shanghai.

 Berdasarkan analisis citra satelit yang tersedia untuk umum, Forbes  dapat menentukan kapal itu dipindahkan antara 25 dan 28 Mei 2020.

Kapal induk Tipe 003 akan berbeda dari dua kapal induk China yang telah ada karena memiliki Sistem Peluncuran Pesawat Elektromagnetik (EMALS), mirip dengan kapal induk Angkatan Laut AS USS Gerald R. Ford. 

Kapal induk China saat ini menggunakan fitur lepas landas ala lompatan ski yang membatasi muatan yang dibawa oleh jet tempur ketika lepas landas.

Hilangnya calon kapal induk baru China ini mengejutkan banyak pengamat. Situs konstruksi di Shanghai dibangun khusus dan memiliki bak peluncuran (launch basin) sendiri. 

Banyak bagian lambung kapal telah diletakkan dan sedang dalam proses digabungkan. Lambung raksasa kapal induk itu juga telah mulai terbentuk.

Petunjuk pertama ada sesuatu yang sedang terjadi adalah pembangunan kapal pengangkut semi-selam besar. Kapal itu sendiri sangat besar dan mampu membawa seluruh bagian kapal induk. 

Tampaknya kapal pengangkut itu tidak dirancang untuk laut lepas, sehingga diduga akan digunakan secara lokal antara berbagai bagian dari suatu galangan kapal.

Kapal pengangkut itu dipindahkan ke bak luncur dekat kapal induk pada Mei 2020. 

Kapal selam itu nyaris tidak terlihat dan tertutup awan dalam citra satelit dari 23 Mei. Hal lain yang terpenting ialah kapal pengangkut itu kosong. Kapal pengangkut itu kemungkinan besar adalah pelakunya, lantas kembali ke bak luncur dalam citra satelit yang lebih baru pada 2 Juni, setelah kapal induk baru lenyap. 

Dengan demikian, lokasi baru pemindahan kapal induk pasti relatif dekat agar tongkang dapat dimuat, dibawa ke sana, dibongkar, dan dikembalikan.

Situs konstruksi Shanghai disoroti dengan sejumlah satelit yang lewat dalam beberapa kali setiap minggu. Namun, citra terbaru telah terganggu oleh awan yang terkadang tidak dapat ditembus.

 Awan terus menggantung di sana pada hari-hari kapal induk baru itu dipindahkan. Sekarang setelah cuaca kembali cerah, para analis telah mencoba untuk mencari tahu apa yang telah terjadi.

 Gambar-gambar terbaru dari sebuah pesawat telah muncul di media sosial China yang menunjukkan hilangnya kapal selam itu tidak diragukan lagi.

Kemungkinan alasannya mungkin terkait dengan masalah dengan bak luncur. Kapal-kapal besar sudah merapat di sana, tetapi wilayah itu terus-menerus dikeruk.

 Kemungkinan lain mungkin ada masalah dengan situs konstruksi itu sendiri.

Gagasan pembangunan kapal induk itu telah dibatalkan dan akibatnya dibongkar sepertinya terlalu dramatis. Akan lebih mudah untuk melakukan pekerjaan apa pun di tempat dan tidak dipindah ke mana pun.

Mungkin dalam beberapa minggu mendatang kapal induk akan ditemukan kembali. Para analis sudah mengeksplorasi sejumlah area potensial. 

Beberapa analis percaya mereka mungkin telah menemukan lokasi barunya, jadi mungkin Forbes dapat segera melaporkan dengan yakin di mana kapal induk baru itu berada.

 Namun, mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengungkapkan alasan mengapa kapal induk itu dipindahkan dan apa artinya bagi rencana pembangunan kapal induk China.

Penerjemah: Fadhila Eka Ratnasari
Editor: Purnama Ayu Rizky
Keterangan foto utama: Kapal induk pertama buatan China terlihat selama upacara peluncuran di Dalian, Provinsi Liaoning, China, 26 April 2017. (Foto: Angkatan Laut China/Reuters)

Hilangnya Kapal Induk Baru China dari Galangan Shanghai ***

Posting Komentar

0 Komentar