Dibiayai Dana Aspirasi, Disnakerperin Gelar Pelatihan Pengembangan Busana

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Bertempat di ruang praktek SMKN 3 Payakumbuh, acara pelatihan menjahit  dibuka langsung oleh Kadis Nakerperin Kota Payakumbuh Yunida Fatwa S.Sos. M.Si.


Hadir bersama Kadis Nakerperin Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Wulan Denura, Kepala SMKN 3 Payakumbuh, Dafrimal, dan Kabid Naker Dinas Tenaga Kerja, Hj. Aswad yang juga didampingi oleh para Kasi dan staf bidang Tenaga Kerja.


Kegiatan diawali dengan mendengarkan laporan dari Kasi Pelatihan Tenaga Kerja, Adriati, selaku panitia. Dalam laporannya Adriati juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bersumber dari aspirasi dari Wulan Denura selaku anggota DPRD Kota Payakumbuh. 


Adapun persyaratan untuk dapat menjadi peserta pelatihan ini, para peserta diharuskan mempunyai keilmuan dasar tentang menjahit dan pada pelatihan ini yang diikutsertakan adalah yang sudah pernah mengikuti pelatihan pada masa sebelumnya dengan ditandai sertifikat dari penyelenggara.


Pelatihan ini dilaksanakan selama 12 hari kedepan dimulai hari ini 21 Juni 2021 dan berakhir pada 03 Juli 2021. Dan para peserta juga akan diminta untuk mengisi lembaran kontrak belajar.


Selama proses belajar, peserta akan dipandu dan dilatih oleh instruktur-instruktur handal dibidangnya, ada Ida Teratai, Dra Yusra Syawir dan Dra Wismarni dari SMK3 Payakumbuh.


Pada kesempatan pelatihan kali ini, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Wulan Denura menyampaikan terima kasihnya kepada Disnakerperin yang telah memfasilitasi terlaksananya pelatihan ini.


"Kita dengan Disnakerperin memang telah lama membuat perencanaan ini, namun  baru hari ini bisa terealisasi. Selanjutnya terima kasih banyak kepada Kepala Sekolah beserta jajaran yang telah menyediakan tempat dan ruang sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini, seperti apa yang disampaikan tadi, ini bukan kali pertama kita bekerja sama dengan SMKN 3,"tutur Wulan.


Kepada para peserta Wulan berharap, setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat menghasilkan karya yang  berkualitas baik dan mempunyai daya saing yang bagus.


"Beko ado hadiahnya bagi peserta kami nilai yang hasil karyanya bagus," sambung Wulan.


Dafrimal Kepala Sekolah SMKN 3 Payakumbuh juga menyambut baik penyelenggaraan pelatihan ini. 


"Antara sekolah dengan Disnakerperin sudah lama menjalin kerja sama. Jadi kita sudah familiar dengan Disnakerperin."lanjut Dafrimal.


Dalam pembukaan pelatihan kali ini, Kadis Nakerperin Yunida Fatwa menyampaikan, "Pemerintah Kota Payakumbuh melalui OPD Teknis Disnakerperin mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah lolos hari ini dalam mengikuti pelatihan menjahit ini, dari proses seleksi beberapa hari ini dilakukan Bidang Naker, terpilihlah 25 orang peserta,"sambutnya.


"Dimasa Pandemi saat sekarang ini Pemko Payakumbuh melalui Disnakerperin memang lebih memperketat proses seleksinya, disamping harus memenuhi syarat tertentu, juga harus yang serius. Karena sesuai apa yang disampaikan Wakil Ketua DPRD, Bu Wulan Denura, kita berharap dari hasil pelatihan ini dapat menghasilkan kualitas yang bagus,"imbuhnya. 


"Untuk itu manfaatkan dan pergunakanlah waktu dalam pelatihan ini dengan sebaik baiknya. Nantinya setelah pelatihan ini kami berharap ada peningkatan  kewirausahaan, peningkatan kemampuan dalam rancang busana, meningkatnya Keterampilan menjahit dan mampu membuat busana siap jadi,"imbubnya lagi. 


Dan, terima kasih kami aturkan kepada Wakil Ketua DPRD Bu Wulan yang sudah menitipkan aspirasinya kepada Disnakerperin melalui kegiatan pelatihan menjahit pola dasar yang hari ini kita selenggarakan,"pungkasnya.(Ul) 

Posting Komentar

0 Komentar