Kantor Camat Payakumbuh Utara, DIRESMIKAN


IMPIANNEWS.COM 

Kantor Camat Termegah Di Payakumbuh Diresmikan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh, --- Bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-50, Wali Kota Riza Falepi meresmikan Kantor Camat Payakumbuh Utara yang berlokasi di Jl.Hamka, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kamis (17/12/2020).

Wali Kota Riza Falepi menggunting pita tanda diresmikannya kantor itu bersama Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita, Sekda Rida Ananda, Asisten Setdako, anggota dewan, dan tokoh masyarakat setempat.

Pelaksana pekerjaan itu PT. Deki Cipta Perkasa, telah menyelesaikan pekerjaan dengan pagu anggaran sebesar Rp. 2.951.333.580 dari APBD Kota Payakumbuh setelah dilaksanakan beberapa persen oleh rekanan sebelumnya pada tahun kemarin.

Artinya, pembangunan gedung kantor camat ini telah melalui proses 2 tahap. Total anggaran keseluruhannya mencapai 6,5 Miliar Rupiah. Pembangunan gedung kantor camat pada tahap pertama dikerjakan oleh CV. Giat Pembangunan pada Juni hingga akhir Desember 2019 lalu, baru dikerjakan oleh PT. Deki Cipta Perkasa Juni 2020 dan selesai pada 11 Desember 2020.

"Kantor camat termegah ini sekaligus menjadi salah satu kado bagi masyarakat Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kota Payakumbuh pada umumnya di HUT Emas Kota Payakumbuh," kata Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda.

Luas bangunannya lebih kurang 1.200 meter persegi, sedangkan luas lahan kantor camat sekitar 3.900 meter persegi. Menjadi kantor camat yang termegah dan terluas di Kota Payakumbuh. Kantor camat yang baru ini hanya berjarak sekitar 300 meter saja dari kantor camat lama.

Menurut informasi dari Camat Desfitawarni kantor baru ini akan ditempati oleh 62 ASN (aparatur sipil negara) dan 30 THL (tenaga harian lepas) yang bekerja di Kecamatan Payakumbuh Utara. Sedangkan bangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara yang lama di kawasan Padang Kaduduak tidak representatif karena kantornya kecil. Untuk sementara akan dimanfaatkan bagi kegiatan perkuliahan mahasiswa Program Studi Kuliner Minang Fakultas Perhotelan dan Pariwisata Universitas Negeri Padang (FPP UNP), kerja sama Pemko Payakumbuh dan UNP.

Dibandingkan dengan kantor yang lama, bangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara yang baru ini jauh lebih luas. Kantor yang lama hanya satu lantai, dan luas bangunannya hanya sekitar 800 meter persegi saja. Dengan kantor yang lebih luas, dan halaman yang lebih lapang, diharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal. 

"Jumlah warga Kecamatan Payakumbuh Utara sebanyak 32.000 jiwa. Sedangkan jumlah kelurahan di kecamatan ini, sebanyak 9 kelurahan. Tentu saja dengan menempati kantor baru ini, kita sangat mengharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal," sebut camat perempuan satu-satunya di Payakumbuh itu


Selain bangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara, ada beberapa proyek lainnya yang menjadi kado dalam peringatan HUT Emas Kota Payakumbuh. Di antaranya, bangunan kantor 4 OPD dan Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar di kawasan Padang Kaduduak, serta Pedestrian di Jl. Sudirman (dari Tugu Adipura hingga Simpang Benteng), dan lain sebagainya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Armen Faindal bersama Ketua Bapemperda Ahmad Ridha, dan anggota Edward DF, Heri Iswanti Dt. Muntiko Alam, dan Wirman Putra Dt. Mantiko Alam, Alhudri Dt. Rangkayo Mulia, yang hadir dalam peresmian itu berharap kehadiran kantor camat ini betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan aparaturnya harus melayani dengan lebih baik lagi.

"Dengan kantor yang baru, nyaman, dan representatif, harus berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan, itu harapan kita bersama. Kami sampaikan apresiasi kepada wali kota atas telah diresmikannya kantor camat baru ini," kata Armen Faindal diamini tokoh masyarakat setempat. (014)

Post a Comment

0 Comments