Tanah Bergerak Terjadi di Kec. Palubuh Kab. Agam Sekitar 1 KM

Lokasi Tanah Bergerak








IMPIANNEWS.COM (Agam)

Fenomela alam pergeseran permukaan tanah terjadi di Bukik Gurun Solok Raban dan Bukik Gurun Tambaliak, Mudiak Sanok Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Pj Walinagari Koto Rantang, Mai Refni mengatakan, retakan tersebut memiliki sepanjang sekitar 1 KM yang melingkari pinggang bukit meliputi sawah dan perkebunan, bahkan satu lintasannya terjadi tidak jauh dari pemukiman warga.

"Kondisi ini cukup membahayakan masyarakat karna sewaktu-waktunbisa terjadi longsor," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, dikutip impiannews.com, Jumat (6/11/2020).


Dijelaskan Walinagari Koto Rantang, fenomena alam tersebut sebenarnya sudah terjadi semenjak tahun 2017 silam, namun, 3 bulan terakhir pergeseran tersebut semakin terlihat seiring curah hujan tinggi yang sering terjadi di daerah setempat.

"Saat ini retakan tersebut sudah turun 1 meter bahkan ada ada yang sudah menganga," katanya lagi.

Untuk Tahap awap ini Pemerintah Nagari Koto Rantang bersama BMKG Lapan Koto Taban sudah melakukan survei awal ke lokasi serta meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Informasi dari BMKG Lapan Koto Taban, daerah ini merupakan jalur retakan permukaan tanah hingga ke Jorong Aia Taganang Kecamatan Matur jadi masyarakat diminta untuk waspada apalagi saat curah hujan tinggi," tuturnya.

Saat ini pihaknya sudah menyurati Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam untuk koordinasi lebih lanjut.***


Post a Comment

0 Comments