Pemko Payakumbuh Tangani Virus Corona Sesuai SOP

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya dibeberapa kali pertemuan dan rapat koordinasi menyampaikan bahwa setiap Protokol yang tergabung dalam gugus tugas pencegahan dan penanganan virus Corona di Payakumbuh harus sesuai dengan SOP yang ditentukan secara terkoordinasi dan terintegrasi. 

Pandemic corona sangat berbahaya dan mengancam keselamatan warga. Semua gugus tugas mesti proaktif guna terwujudnya Payakumbuh zero corona. 

Mewujudkan Payakumbuh zero corona, ratusan dan mungkin milyaran dana siap diupload, sebagaimana Instruksi Presiden dan Menteri Keuangan serta Kepala Badan penanggulangan bencana Nasional. Serangkaian kegiatan pencegahan virus corona telah dilaksanakan, mulai dari sosialisasi, pembentukan gugus tugas, rakor, pendirian Posko, meliburkan siswa dan WFH, penyemprotan, pemeriksaan, local lock down, pengadaan APD  dan perlengkapan pendukung. 

Yang terbaru, Pemko Payakumbuh telah menyiapkan 3 lokasi karantina untuk pasien berstatus ODP, PDP sesuai SOP berlaku. Meski dari data, Payakumbuh masih zero corona. 3 lokasi yang diperuntukkan untuk karantina tersebut telah ditinjau langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Jumat (03/04/2020) didampingi Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Erwin Yunaz dan Forkopimda. 

Tempat yang dijadikan lokasi karantina nanti diantaranya adalah :
  1. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Payakumbuh. Jl. Panglima Polim No. 31 Kel. Padang Tangah Payobadar Kec. Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh.
  2. Balai latihan Kerja (BLK) Payakumbuh. Jl. Kamboja No. 10 Kel. Subarang Batuang Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
  3. Balai Pelatihan Peternakan dan Kesehatan Hewan (BPPKH) Prov. Sumatera Barat. Jl. Pahlawan Kel. Ibuh Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

"Tempat ini adalah sebagai salah satu upaya kesiapan antisipasi kita di Kota Payakumbuh dari wabah viru corona atau Covid-19. Kota Payakumbuh benar-benar telah siap dalam menangani pasien corona. Kita tetap berupaya mengantisipasi, dan juga harus siap dalam menanggulangi seandainya memang terjadi kasus yang terus memuncak,"sebut Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal kepada media menerangkan bahwa ketiga lokasi tersebut merupakan bukti keseriusan Pemko Payakumbuh dalam penanganan virus Corona. 

"Kita (Pemko Payakumbuh) sesuai arahan Walikota akan berupaya sekuat tenaga dalam pencegahan dan penanggulangan virus Corona. Isolasi mandiri tetap kita optimalkan,"pungkas Bakhrizal. (014)

Post a Comment

0 Comments