Update Bencana Kota Payakumbuh Tanggal 28 Maret 2019


Pohon tumbang lain diberitakan oleh Putra (personil Lantas Polres Payakumbuh). Sebatang pohon tumbang di Kelurahan Padang Tiakar juga melintang di jalan umum serta menimpa kabel PLN. 
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi jelang Magrib di Kota Payakumbuh, Kamis (28/03/2019) mengakibatkan beberapa pohon tumbang di beberapa kelurahan. Dedaunan tampak berserakan di jalan raya kota randang ini.

Kabar pohon tumbang terekam media di Perumahan Padang Tiakar Indah (PTI) Kelurahan Padang Tangah Payobadar Kec. Payakumbuh Timur. Di lokasi ini pohon kelapa yang tumbang melintas di jalan umum. Pohon tumbang lainnya juga terjadi di Kelurahan Sicincin yang menimpa pagar rumah warga dan kabel PLN. Personil TRC BPBD Kota Payakumbuh giat mengevakuasi tumbangnya pohon tersebut.

Pohon tumbang lain diberitakan oleh Putra (personil Lantas Polres Payakumbuh). Sebatang pohon tumbang di Kelurahan Padang Tiakar juga melintang di jalan umum serta menimpa kabel PLN. Pembersihan dilakukan warga setempat secara gotong royong menggunakan peralatan seadanya.

Selang beberapa menit Kepala BPBD Yufnany Away melalui Sekretarisnya Agus Rubiono mengabarkan bahwa ada sebatang pohon jati mati dan batang pinang menimpa rumah salah seorang warga Kelurahan Balai Panjang Kec. Payakumbuh Selatan.

"Pohon jati yang sudah mati dan batang pinang menimpa rumah ibu Neni Herawati (59) suku Pitopang. Musibah ini membuat bubungan atap patah sehingga air masuk ke dalam salah satu kamar rumahnya. Mengingat beratnya medan dan personil masih sedang melakukan evakuasi di 2 lokasi lain. Kemungkinan evakuasi kita lakukan besok,"sebut Agus Rubiono didampingi Kabid Penanggulangan Atrimon, Kasi, Lurah Nopi Indra, Ketua RT Doni dan pemilik rumah.

Dalam upaya evakuasi ringan di rumah Neti Herawati, adalah Jasrial Kasi Rekonstruksi BPBD mengabarkan juga, bahwa qubah salah satu mesjid di lapangan Kubu Gadang juga diterjang angin kencang.

*Kafe Terbakar*
Tetiba, Tim BPBD yang masih melakukan upaya evakuasi ringan di rumah Neni Herawati pun bergerak mohon pamit, setelah mendapatkan kabar bahwa ada kebakaran diseputaran kantor Balai Kota Payakumbuh yang berdekatan dengan RSI Ibnu Sina.

Informasi yang media dapatkan dari WAG bencana Luak Limopuluah, kebakaran pada Kamis malam sekira pukul 20:00 menimpa warung yang menjual minuman dan sarapan milik Wahyudi, 63 Tahun, Suku Pitopang beralamat Bunian Kelurahan Kapalo koto dibalai, Kec. Payakumbuh Utara.

"Alhamdulillah, api telah dipadamkan. Dalam operasi pencegahan dan pemadaman kebakaran ini melibatkan armada damkar Kota Payakumbuh dibantu 1 unit armada damkar Pemkab 50 Kota dan team basarnas juga tiba di lokasi. Terkait sumber api dan kerugian masih dalam tahap penyidikan,"terang Kasat Pol PP dan Damkar, Devitra diwakili Kasi Indra Jaya.(ul)