Raih Opini WTP Berturut-turut, Pemko Padang Sabet Penghargaan dari Kemenkeu.

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Berkat raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI secara berturut-turut sejak 2017 hingga 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Padang kali ini sukses menyabet penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Penghargaan itu pun diterima secara virtual oleh Wali Kota Padang yang diwakili Sekda Andree Algamar dari Menteri Keuangan Sri Mulyani di dalam acara Puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 yang berlangsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Seperti diketahui, selain Pemerintah Kota Padang, penghargaan atas prestasi di dalam laporan keuangan itu, juga diterima bagi entitas tingkat Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah se-Indonesia yang terbagi kepada beberapa kategori.

Diantaranya terdiri dari kategori penerima opini WTP untuk laporan keuangan tahun 2021, kemudian penerima opini WTP 5 kali berturut-turut untuk laporan keuangan tahun 2017-2021, penerima opini WTP 10 kali berturut-turut untuk laporan keuangan tahun 2012-2021 serta penerima opini WTP 15 kali berturut-turut untuk tahun 2007-2021.

Menkeu Sri Mulyani dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, selain memberikan apresiasi atas raihan opini WTP, melalui Rakernas tersebut diharapkan semakin meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat akuntabilitas kinerja pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selain itu juga menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

"Selamat kepada seluruh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah yang terus berkomitmen menggunakan APBN dan APBD secara bertanggung jawab dengan segala tantangan yang ada. Pada Rakerna ini kita mengangkat tema yakni “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”," ucap Menteri didampingi Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Hadianto.

Sementara itu, Sekda Kota Padang Andree Algamar yang menyaksikan pemberian penghargaan dari Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga atas pencapaian tersebut.

"Alhamdulillah, semoga penghargaan ini semakin melecut semangat seluruh OPD di jajaran Pemko Padang untuk dapat mempertahankan opini WTP dengan tetap menjaga akuntabilitas dan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ucapnya.

Sekda Andree mengungkapkan Pemko Padang telah mendapatkan opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumbar sebanyak delapan kali yang diterima secara berturut-turut.

Diantaranya paparnya, yaitu untuk LKPD 2014, LKPD 2015, LKPD 2016, LKPD 2017, LKPD 2018, LKPD 2019, LKPD 2020 dan teranyar LKPD 2021.

"Capaian dan konsistensi ini berkat kerja keras semua pihak, OPD terkait sekaligus pembinaan yang dilakukan oleh Bapak Wali Kota Padang," tukasnya.

Dalam kesempatan itu hadir bersama Sekda Kota Padang diantaranya Kepala Inspektorat Kota Padang Syuhandra, Kepala BPKAD Raju Minropa serta lainnya.

( David )

Post a Comment

0 Comments