Pemerinah Nagari Limo Kaum Belajar ke Kelurahan Nunang Dayabangun

.

IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, - Sebanyak 60 tokoh masyarakat Nagari Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar yang tergabung dalam Tim Satgas Bersinar Nagari gelar kunjungan studi tiru ke Satgas Bersinar (Bersih Narkoba) Kelurahan Nunang Dayabangun (NDB) Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Selasa(20/09/2022) kemaren.


Rombongan yang dipimpin langsung oleh Walinagari Limo Kaum Wali Nagari Gusrial Dt. Majo Lelo, MH disambut di aula musala perangkat kelurahan NDB, BNN Kota Payakumbuh dan Tim Satgas Bersinar NDB. Dari BNNK Payakumbuh


Bertempat di Mushalla Baitul Ikhlas RW 03 atau biasa disebut dengan Wilayah Gantiang inj rombongan disambut langsung oleh Seklur Hendri bersama Ketua LPM Fahman Rizal Lubis, Perwakilan dari BNN Kota Payakumbuh (Denny, Gerry, Barta, Ruli, Defri ) beberapa orang perangkat RT RW (Herizal Putra, Arian Fadli, Erizal, Idrianto) serta tokoh masyarakat dan Remaja Mushala Baitul Ikhlas


Dalam sambutannya, Ketua LPM Fahman Rizal menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan di Kelurahan Nunang Dayabangun Bersinar ini


Fahman Rizal Lubis mengatakan Kelurahan NDB sebenarnya belum tepat untuk dijadikan sebuah rujukan ataupun percontohan bagi daerah-daerah dikarenakan masih banyak yang perlu dibenahi. 


"Namun suatu kebanggaan pula bagi kami mendapat kesempatan bisa berbagi informasi dengan masyarakat Nagari Limo Kaum terkait kegiatan Bersinar,"ungkqp haru Fahman.


"Program Desa Bersinar yang digagas oleh BNN ini banyak keuntungannya bagi wilayah yang dianggap potensial tinggi angka kerawanannya seperti salah satunya yang sedang kami lakukan ini," ucap Fahman.


Sejak awal terbentuk, masyarakat NDB telah sepakat akan terus melanjutkan program ini. Apalagi bagi mereka sangat terasa dampak positif terhadap lingkungan sekitar seperti meningkatnya rasa empati dan tanggung jawab sosial di tengah warga.


"Yang penting, adanya komitmen bersama serta rasa sepenanggungan sesama masyarakat terhadap permasalahan yang sedang dan akan terjadi,"ucapnya.


"Untuk itu kita berharap program serupa juga dilaksanakan oleh kelurahan kelurahan lain atau wilayah wilayah lainnya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Tanah Datar," tukas Ketua LPM Fahman Rizal.


Arian Fadli selaku perwakilan dari perangkat ikut menjelaskan bagaimana kondisi Kampung Gantiang ini sebelum adanya program Bersinar ini. Dahulunya lingkungan kelurahan NDB sangat banyak dikenal orang dari segi negatif, namun seiring berjalannya waktu cap tersebut lama kelamaan hilang dengan sendirinya


"Tentunya semua itu membutuhkan proses serta komitmen bersama yang lahir dari seluruh masyarakat dan didukung oleh Lurah beserta jajaran perangkat serta LPM begitu juga dengan supor, dari Babinsa dan Babinkamtibmas, harus saling dukung satu sama lainnya," tutur Ketua RW 03 Arian Fadli.


Gerry Willyando selaku Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi menceritakan secara singkat pengalaman dan sejarah terbentuknya Kelurahan Bersinar di Nunang Dayabangun


Dirinya berharap hal yang sama juga dilakukan oleh Nagari Limo Kaum kedepannya. Karena kalau dilihat dari semangat kebersamaan pemerintah nagari dengan masyarakatnya dalam menggerakkan seluruh lapisan begitu luar biasa semangatnya," ucap Gerri.


Wali Nagari Gusrial selaku ketua rombongan mengucapkan terima kasih kepada Kelurahan Nunang Dayabangun beserta jajaran perangkat LPM dan Satgas Bersinar yang telah menyambut dan menerima kehadiran dirinya bersama rombongan dari Limo kaum.


Sesuai dengan rujukan dari BNN Kota Payakumbuh, NDB salah satu kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh yang membentuk Tim Satgas Bersinar, tentu dirasa perlu melakukan sharing informasi pastinya berkaitan dengan program bersinar yang telah dijalankan oleh Nunang Dayabangun. Karena banyak dampak positif dari program Nagari Bersinar sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam menekan angka kriminalitas di lingkungan.


Senada yang diceritakan oleh Ketua LPM NDB tadi tentunya untuk mewujudkan semua itu perlu komitmen bersama dan proses yang panjang, oleh karenanya sudah tepat rasanya rombongan dari limo kaum berkunjung kesini.


Seperti penjelasan diawal oleh BNN Kota Payakumbuh dan Ketua LPM NDB, bahwasanya komitmen dan rasa kebersamaan yang menjadi modal utama, Nagari Limo Kaum sudah memilikinya, yang hadir hari ini adalah para pejuang sosial nagari dari berbagai unsur serta lapisan. Ada dari kalangan niniak mamak, alim ulama, praktisi hukum, pemuda parik paga nagari, bundo kanduang. Bahkan turut hadir tokoh masyarakat nagari yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar.


Semoga dengan adanya share informasi ini semakin banyak pengayaan ilmu pengetahuan yang didapat dan dibawa pulang serta di implementasikan di lingkungan Nagari Limo Kaum, sehingga terciptanya Nagari Limo Kaum bersih dari narkoba.


Atas nama pemerintah Nagari Limo Kaum, Gusrial mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berjalannya agenda kunjungan ini. Terakhir beliau berpesan kepada Lurah LPM beserta Tim dapat juga berkunjung ke Limo Kaum


Lurah NDB Firman Hadi ST di tempat terpisah menyambut baik dengan kunjungan tokoh masyarakat Nagari Limo Kaum. Sebagai kepala kelurahan, dirinya akan terus berkomitmen menjadikan NDB bebas dari bahaya narkoba dan penyakit masyarakat.


Terakhir Lurah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Lurah berharap sinergi antara pemerintah dan masyarakat terus terjalin hingga semua permasalahan bisa teratasi.(014) 

Posting Komentar

0 Komentar