Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas Adakan Sosialisasi Mengenai “Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Alternatif Kelangkaan Pupuk Bersubsidi” di Nagari Ujung Gading

Oleh: Hadid Pratama Azizi
   Yodi Firmansyah

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Mahasiswa Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Kelompok KKN ini beranggotakan 25 orang dari berbagai jurusan yang dibimbing oleh Dr. Khairani, SH.,MH. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL). Kegiatan KKN ini berlangsung selama 34 hari dimulai pada tanggal 25 Juli 2022 hingga 27 Agustus 2022. Tujuan diadakannya KKN-PPM Universitas Andalas ini adalah membantu nagari dalam melaksanakan program mereka serta diharapkan mahasiswa dapat menarapkan apa yang telah mereka dapatkan selama mengikuti jenjang perkuliahan sesuai dengan bidang keilmuan masing masing.

Limbah organic merupakan limbah yang dapat diuraikan secara sempurna melalui proses biologi baik aerob maupun anaerob. Limbah organic yang dapat diurai melalui proses biologi mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, potongan kayu, daun-daun kering, dan sebagainya, limbah organic dapat mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan kecil dan barbau.

Sosialisasi ini diadakan karena adanya kebijakan baru mengenai pupuk bersubsidi yang mana untuk jatah per komditi telah dikurangi dari yang sebelumnya 70 komoditi yang berhak dipangkas menjadi 9 komoditi saja serta bahan baku pembuatan pupuk yang juga mengalami kelangkaan karena pandemic serta perang Uni-Eropa. 

Pupuk organic sendiri memiliki kelebihan yaitu bahan bahan yang mudah diadapatkan, lebih ramah lingkungan serta dapat memperbaiki struktur tanah yang telah terkontaminasi oleh zat zat kimia dari pupuk sintetis. 

Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2022 yang bertempat di aula kantor Wali Nagari Ujung gading. Sosialisasi ini diikuti oleh kelompok-kelompok tani yang ada di Nagari Ujung Gading. Acara ini mengundang (kak desi) sebagai narasumber yang merupakan perwakilan dari Balai Pertanian serta dihadiri perwakilan dari Wali Nagari Ujung Gading serta berbagai lapisan masyarakat lainnya.

Acara ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan kata sambutan dari (walnag, dpl, ketua kkn) setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber serta sesi diskusi antara narasumber dengan para audiens. Sosialisasi ini berlangsung dengan baik dan para peserta cukup partisipatif selama kegiatan belangsung dikarenakan narasumber menjelaskan materi dengan sederhana yang mebuat materi tersebut lebih mudah dipahami. Acara diakhiri dengan sesi photo bersama dan pemberian kenang-kenangan kepada Wali Nagari Ujung Gading sekaligus penanda bahwa Kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Andalas 2022 di Nagari Ujung Gading telah berakhir.

Dengan adanya sosialisasi ini, para petani yang mengikuti kegiatan diharapkan mampu memanfaatkan limbah organic yang ada menjadi pupuk organic ke lahan mereka sendiri serta dapat menambah wawasan mereka dibidang pertanian.

Posting Komentar

0 Komentar