Seksi PHU Kemenag Bukittinggi Kunjungi Kemenag Pesisir Selatan

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, -- Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi kunjungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Jum'at (3/12) di Aula kantor setempat. Rombongan yang dipimpin Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair tersebut disambut langsung Kakan Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, H. Abrar Munanda didampingi Kasubbag Tata Usaha, Yossef Yuda, serta Kasi PHU, Idris 


Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Tri Andriani Djusair kepada Humas menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka merekat silaturrahmi sekaligus sharing session terkait program manasik haji sepanjang tahun jendela hati Kemenag Pesisir Selatan dan Bukittinggi mabrur Kemenag Bukittinggi. 


"Kunjungan kami ke Kemenag Pesisir Selatan selain untuk mempererat tali silaturahmi juga dalam rangka sharing Session dalam meningkatkan pelayanan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di kedua Kankemenag," jelasnya. 


Tri Andriani Djusair juga menyampaikan salam maaf Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir yang tidak bisa ikut berhubung lagi dinas ke luar daerah. 


Terima kasih kepada Kakan Kemenag Pessel beserta ASN nya atas sambutan yang luar biasa. Inovasi Kankemenag Pessel bukan hanya menggema di Pesisir Selatan dan Sumatera Barat saja, tetapi sudah dikenal di tingkat nasional. 


"Untuk seksi PHU, Kemenag Pessel terkenal dengan inovasi Jendela Hati dan Seksi PHU Kankemenag Bukittinggi saat ini tengah mengembangkan sebuah inovasi layanan dibidang haji dan umrah yang diberi nama Bukittinggi Mabrur (Menyapa Jama'ah Berhaji dan Umrah Ala Rasul )" sebutnya. 


Tri Andriani Djusair mengatakan inovasi yang dibangun oleh pihak Kankemenag Bukittinggi ini diharapkan akan berdampak kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Kota Bukittinggi .


"Untuk seksi PHU, Kemenag Pessel terkenal dengan inovasi Jendela Hati dan Seksi PHU Kankemenag Bukittinggi saat ini tengah mengembangkan sebuah inovasi layanan dibidang haji dan umrah yang diberi nama Bukittinggi Mabrur (Menyapa Jama'ah Berhaji dan Umrah Ala Rasul ) yang didalamnya terdapat beberapa program bimbingan baca Al-Qur'an (Bimbaqu) haji yang bekerjasama dengan penyuluh agama islam, bimbingan manasik haji secara online antara lain melalui YouTube dan program Bersama Edukasi Rahasia Haji dan Manasik Haji (BERSAHAJA) Masa Pandemi," paparnya.


Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Abrar Munanda mengatakan, di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan ada 8 program pelayanan publik yang telah di launching, diantaranya adalah Jendela Hati. 


Program ini di awali ketika ada pembatalan keberangkatan jemaah haji pada tahun 2020 lalu, hingga banyak bermunculan opini-opini yang negatif terhadap Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat. 


"Dari permasalahan inilah kita terinspirasi untuk menciptakan program Jendela Hati ini," terang kakan kemenag. 


"Di dalam program Jendela hati ada beberapa kegiatan yang sangat penting untuk jemaah, diantaranya kunjung jemaah, kemudian bimbingan manasik, dan sampai sekarang kami tetap melaksanakan bimbingan manasik tersebut," ujar Kakan kemenag. 


Kemudian kita juga melakukan pertemuan dengan jemaah haji, PPIU dan yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji, kemudian juga melakukan pertemuan secara virtual, melalui siaran radio pemerintah. 


Selanjutnya H. Abrar mengatakan pihaknya selalu berupaya meningkatkan pelayanan haji di Kabupaten Pesisir Selatan. Kita juga mengadakan program Tahsin, Zikir Ibadah Amalan Haji (Tazkiah) yang dilaksanakan oleh penyuluh-penyuluh agama di kecamatan yang dilakukan secara gratis.  


“Sehingga para jamaah sedikit banyaknya bisa lebih cepat memahami terkait dengan penyelenggaran ibadah haji," sebut Kakan Kemenag. (Sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar