Pertemuan Hendri Septa dan Konjen India, Tawarkan Kerja Sama Bidang IT dan Investasi di Padang

IMPIANNEWS.COM

MEDAN -  Di tengah lawatannya ke Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Wali Kota Padang dan jajaran juga mengunjungi Konsulat Jenderal (Konjen) India di Kota Medan. 

Dalam pertemuan yang dilangsungkan Kamis (18/11/2021) itu, Wali Kota Hendri Septa disambut pejabat Konjen India di Kota Medan, Mr. Shubham Singh.

Dalam penyampaiannya, Wali Kota Hendri Septa terlebih dahulu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Mr. Shubham Singh yang telah menyambut kunjungannya bersama rombongan.

Ia pun berharap lewat pertemuan itu akan terciptanya beberapa hubungan kerja sama antara Pemerintah Kota Padang dengan Konjen India di Kota Medan kedepannya.

"Kita menawarkan kembali kepada Konjen untuk  pelaksanaan Collaborative Event India dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Padang ke-353 mendatang. Begitu juga dalam rangka Peringatan 73 Tahun Kerja Sama Indonesia-India yg akan berlangsung dari 4-11 Agustus tahun 2022," sebut Wako dalam pertemuan yang penuh keakraban itu.

Orang nomor satu di Kota Padang itu menjelaskan, terkait kegiatan Collaborative Event India yang bakal digelar nantinya, selain menggelar pertunjukan seni dan budaya (film dan tarian India), serta kuliner India dan photo exhibition, juga dihelat seminar tentang kesehatan disertai pemeriksaan kesehatan gratis dan senam yoga. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kemeriahan HUT Kota Padang ke-353 nantinya. Apalagi kita juga akan menggelar Pawai Telong-telong, pertunjukan Barongsai, Padang Internasional Dragon Boat Festival (PIDBF), Lomba Marandang, Padang Fair, pertunjukkan seni dan budaya serta kegiatan menarik lainnya," harap Hendri. 

Lebih lanjut Wako Padang juga menawarkan kepada Mr. Shubham Singh untuk datang ke Kota Padang pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 yang pelaksanaannya berbarengan pada momentum HUT Kota Padang tersebut.

"Kita harapkan Mr. Shubham Singh turut membawa serta delegasi bisnis dan tim keseniannya untuk ambil bagian dalam acara Rakernas Apeksi nantinya. Semoga dengan itu menambah kemeriahan beberapa kegiatan yang digelar," tukuknya. 

Sementara itu Mr. Shubham Singh mengaku senang atas kunjungan dari Wali Kota Padang tersebut. 

Mr. Shubham juga menawarkan sejumlah kerja sama dengan Kota Padang. Diantaranya seperti di bidang informasi dan teknologi (IT) antara universitas di Kota Padang dengan universitas terkemuka di India.

"Kita juga menawarkan kerja sama investasi dari India untuk Kota Padang terutama yang berhubungan dengan bahan bumbu tradisional dan juga bisa digunakan untuk ornamen dekorasi. Tidak terutup kemungkinan, apa saja bisa dikerjasamakan nantinya," imbuhnya.

Terakhir, Mr. Shubham Singh juga mengungkapkan ketertarikannya untuk menyaksikan secara langsung event Serak Gulo (Membagi-bagikan Gula) di Kota Padang di 2022 nantinya.

Dimana diketahui, event tahunan yang digelar setiap 1 Jumadil Akhir penanggalan hijriyah ini, merupakan tradisi turun temurun yang dijalankan oleh warga muslim keturunan India di Kota Padang tepatnya di Jalan Pasar Batipuh, Kelurahan Pasa Gadang.

Tradisi tersebut diyakini sebagai simbol rasa syukur umat muslim keturunan India atas rezeki yang diterima sepanjang tahun.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Padang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kabag Kerja Sama Erwin M, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis dan Dirut Perumda Air Minum Hendra Pebrizal. (Dv/BT/AR/Prokompim Pdg)

Post a Comment

0 Comments