Mahasiswa Program Studi Doktor (S3) Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kuliah Praktek Lapangan di Kabupaten Kerinci,


Impiannews.com ( kerinci )

Mahasiswa Program Studi Doktor (S3) Ilmu Lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan kuliah Praktek Lapangan di Kabupaten Kerinci, selama 3 hari dari tanggal 1 sampai dengan 3 Juni 2021. Dalam kegiatan ini, hari pertama mahasiswa melakukan Survei kondisi lingkungan dan potensi bencana seasonal flood serta valuasi ekonomi dan ekologi di Kota Sungai Penuh, selanjutnya pada hari kedua dilakukan seminasi berupa presentasi hasil studi di aula kantor Bupati Kerinci, yang akan dihadiri oleh pihak terkait di daerah ini.

Untuk hari ketiga mahasiswa akan melakukan studi pembanding untuk validasi data dan melengkapi data sekunder di kantor Bappeda Kabupaten Keinci. Sedangkan malam hari dilakukan diskusi di penginapan dengan dosen pembimbing lapangan, sesuai tema studi mahasiswa.

Ketua Prodi Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP, Prof. Dr. Eri Barlian, M.S yang menjadi ketua rombongan kegiatan praktek lapangan ini, menyatakan Program Doktor Ilmu Lingkungan tiap akhir semester 2, selalu membawa mahasiswa ke lapangan di sejumlah lokus kajian di Indonesia, untuk tahun ini mengingat sedang pandemi Covid-19, kita hanya lakukan di wilayah yang tidak terlalu jauh dengan kampus. Selain itu dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi dan promosi Pascasarjana UNP, yang dilakukan oleh pimpinan Pascasarjana dan Ketua prodi di lingkungan Pascasarjana UNP.

Sementara itu Dr. Indang Dewata, M.Si salah seorang dosen Pembimbingan mengatakan bahwa Praktek lapangan Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP tentang daya dukung lingkungan memiliki output yang akan dihasilkan oleh mahasiswa berupa buku referensi/ monograf dan artikel terindeks internasional. Di samping itu Aprizon Putra ketua tim mahasiswa ketika diwawancarai memberikan argumentasinya bahwa kegiatan praktek lapangan ini terasa sekali manfaatnya, sehingga menambah wahana keilmuan, karena ilmu lingkungan ini pada hakekatnya labornya Ilmu Lingkungan itu, ya memang di lingkungan secara langsung, tambah mahasiswa yang juga Tendik di Pascasarjana UNP, kepada Humas UNP.

Dalam kegiatan praktek lapangan mahasiswa ini, melibatkan 8 orang mahasiswa angkatan 2020 dan 5 orang dosen pembimbing, diantaranya: Prof. Dr. Eri Barlian, M.S, Prof. Dr. Dedi Hermon, M.P, Dr. Indang Dewata, M.Si, Dr. Hamdi, M.Si dan Dr. Erianjoni, M.Si (Ay/ Humas UNP).

Posting Komentar

0 Komentar