Komisi Penanggulangan AIDS Kunjungi Kelurahan Tanjung Pauh

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Tim Komisi Penanggulangan Aids Kota Payakumbuh kembali lalukan sosialisasi dan penguatan informasi tentang HIV/AIDS dan dampak buruk narkoba di Kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.


Bertempat di aula kantor lurah, Senin (21/06/2021), acara tersebut tampak dihadiri kurang lebih 30 peserta berasal dari tokoh masyarakat, ibu PKK, kader kesehatan, karang taruna dan juga staf kelurahan.


Diawali pembukaan yang disampaikan oleh Lurah Tanjung Pauh, Lidya, didampingi Babhinkamtibmas, Babinsa serta Ketua Karang Taruna


Dalam sambutan, Lurah menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPA Kota Payakumbuh beserta jajaran dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh yang telah menyempatkan hadir di kelurahan dalam rangka berikan informasi tentang HIV/AIDS dan dampak buruk bahaya narkoba


Dari Dinas Kesehatan hadir sebagai narsum Fatma Nelly. Sementara dari Komisi Penanggulangan AIDS dihadiri Sekretarisnya, Fahman Rizal Lubis. Turut serta mendampingi Martha Wijaya Atta Senia dan Sari Zulhijjah 


Bentuk acara seperti biasa diawali dengan paparan materi yang disampaikan oleh kedua orang pemateri dengan teknik sesuai kewenangan masing-masing.


Selanjutnya diteruskan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Pertanyaan pertama datang dari ketua karang taruna. Apakah KPA tidak membentuk tim sampai tingkat kelurahan seperti yang dilakukan oleh BNN ?.


Pertanyaan yang kedua datang dari ibu kader kesehatan, yang menanyakan apakah kalau kita pernah menerima donor bisa dikatakan termasuk dalam orang yang beresiko tertular.


Pertanyaan ketiga yang langsung disampaikan Lurah Lidya, Lurah bertanya apakah Lem termasuk kedalam Narkoba, karena kita mendengar orang yang menghisap lem ini sama parahnya dengan orang yang memakai narkoba. Lanjutnya, andaikan ada dari masyarakat kami ingin mendapatkan fasilitas pengobatan Narkoba ini. Dimana tempatnya dan bagaimana alur administrasinya," ucap lurah Lidya.


Keempat, pertanyaan datang masih dari ibu kader kesehatan, yang menanyakan seandainya kami ingin memeriksakan diri untuk mengetahui hasil kesehatan kami, dimana kami harus pergi dan berapa biayanya ?.


Karena setelah kami mendengar langsung dari ibu narasumber penjelasan tentang bagaimana cara menularkan virus ini kami mulai agak takut.


Keseluruhan pertanyaan dijawab oleh masing-masing Narsum sesuai tupoksi dan bidangnya.


Fahman Rizal pertama sekali mengucapkan terima kasih kembali kepada Lurah beserta jajaran yang sudah memfasilitasi terlaksananya kegiatan ini 


Selanjutnya Fahmanrizal menyampaikan maksud dan tujuan KPA melakukan kunjungan ke setiap kelurahan menemui kelompok kelompok masyarakat. Sesuai Perpres 75 Tahun 2006 KPA dibentuk meningkatkan upaya masyarakat dalam pencegahan penularahan virus HIV dengan cara menyampaikan informasi tentang HIV/AIDS 


Dan tambahnya, KPA bersama komunitas melakukan upaya penjangkauan dan pendampingan. Maksudnya melalui penjangkauan kami memberikan informasi tentang bahaya penularan dan harapannya semua masyarakat yang telah mendapatkan informasi segera memeriksakan diri ke pusat layanan Kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh


Alhamdulillah di Kota Payakumbuh seluruh Puskesmas bisa melayani masyarakat untuk memeriksakan diri dan status HIV nya dengan cara melakukan Tes Darah HIV. Mari segera periksakan diri kita ke Puskesmas terdekat,"tutup Fahman Rizal.(014)

Posting Komentar

0 Komentar