Kebiasaan Membaca Al Quran Membuat Mata Semakin Terang

Baca yasin bersama 

IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, --- Sempat kagum melihat melihat kaum lansia yang tergabung dalam kelompok Yaasiin Picancang Jorong Dalam kenagarian Koto Taeh Baruh. Apapun anggota kelompok dimayoritasi kaum Ibu. 


Kelompok yasin picancang yang sudah berumur belasan tahun ini dari dulu hingga kini masih bertahan dengan anggota sekitar 78 orang. 


Menariknya, disamping menjalankan program membaca yasin giliran setiap Kamis malam di rumah anggota, kelompok yasin ini juga punya program arisan dan wisata religi. 


Tampak pada Kamis (10/06/2021) malam, program membaca yasin bersama berlangsung di rumah Yurnita Sikumbang. Iyuran arisan sebesar Rp 5 ribu pun disetor anggota kepada bendahara kelompok. Meski sudah berusia lanjut, hanya beberapa orang saja dari anggota yang memakai kacamata pembesar saat membaca yasin. 


"Alhamdulillah, program yasinan kita selalu berjalan lancar. Kendala yang sering ditemui adalah hujan. Selain itu, kondisi penerangan di rumah anggota juga sangat menentukan kelancaran bacaan kami yang sudah lansia. Dan kami yakin, al quran itu adalah obat segala macam penyakit. Kita kita terbiasa baca al quran, insya allah mata kita akan terhindar dari kebutaan,"sebut Yenni Agustin didampingi Netti Erlina. 


"Tapi, mayoritas anggota sudah hafal surat yasin. Usai baca yasin kita tahlilan yang dipimpin anggota laki-laki. Usai doa kita lanjut cabut arisan. Lanjut cabut arisan. Beramal dan silaturrahmi, itu intinya,"ulas Netti.


Program lain dari kelompok yasin Picancang ini sebagaimana diterangkan H. Zamris Hasan, salah seorang pensiunan pejabat Kankemenag Kota Payakumbuh yang juga anggota kelompok yasin ini. 


Bukan saja arisan, jika ada anggota kelompok yang akan kenduri. Kita juga jalankan arisan pesta khusus bagi anggota kelompok. Kita juga sudah punya peralatan pesta yang kita beli secara patungan. Peralatan itu boleh dipakai, dengan sewa sewajarnya saja untuk anggota. Sewa itu kita kumpul lagi untuk menambah inventaris. 


"Lainnya  kita juga menjalankan program suka duka, yang sakit kita jenguk bersama-sama. Sekali setahun kita ikut wisata religi, disamping wirid yasin wisata antar daerah di kabupaten Lima Puluh Kota,"pungkasnya, diamini Masdita Endila dan rekannya. 


Terpisah walinagari Taeh Baruh, Hasrul Chaniago juga sudah mengenal keaktifan kelompok yasin Picancang ini. 


"Ada beberapa kelompok yasin di Nagari Taeh Baruh. Alhamdulillah, semuanya aktif  seperti kelompok yasin Picancang, kelompok Yasin Kutianyia Kampuang Onam dan lainnya. Ini adalah wadah yang baik untuk meningkatkan solidaritas ukhuwah islamiyah dan saling tepa selira. Tentunya ini sangat mendukung visi misi Kepala daerah melalui pemerintah kenagarian,"apresiasi Hasrul Chaniago.(014)

Posting Komentar

0 Komentar