323 Pelajar SLTA Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Kota Padang

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Sebanyak 323 orang pelajar tingkat SLTA se-Kota Padang mengikuti seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Padang tahun 2021.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa, di area parkir lapangan KONI Provinsi Sumatera Barat, Senin pagi (22/3/2021).

Dalam arahan dan sambutanya, Hendri Septa menjelaskan, seleksi Paskibraka merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menambah wawasan, meningkatkan kedisiplinan serta memperkuat rasa patriotisme dan nasionalisme. 

"Oleh karena itu, mengingat demikian penting seleksi ini maka diharapkan kepada semua peserta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil yang maksimal," sebut Plt Wako. 

Hendri juga mengharapkan, setiap anggota Paskibraka yang lolos nantinya benar-benar memiliki kemampuan intelektual serta wawasan kebangsaan yang bagus, memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan pemahaman terhadap UUD 1945. 

"Maka itu saya harapkan dari kegiatan ini harus mampu menciptakan generasi muda yang dapat melestarikan komitmen berbangsa dan bernegara sebagai wujud rasa cita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang Mursalim mengatakan, seleksi calon Paskibraka dilaksanakan selama lima hari (22 hingga 26 Maret 2021). Peserta yang mengikuti sebanyak 323 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 160 orang dan perempuan sebanyak 163 orang, berasal dari 34 SLTA se-Kota Padang.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini maka akan terpilih utusan Kota Padang untuk seleksi Calon Paskibraka di tingkat Provinsi Sumatera Barat maupun Nasional nantinya," ungkap Mursalim. 

Mursalim mengungkapkan, meski jumlah calon peserta Paskibraka Kota Padang tahun ini lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya karena situasi kondisi saat ini. Namun jatah Kota Padang sebagai pasukan pengibar bendera merah putih tidak akan berkurang di tingkat Provinsi Sumatera Barat karena kabupaten/kota lain di Sumatera Barat banyak yang tidak melaksanakan seleksi.

"Dengan menurunya peserta tahun ini maka muda-mudahan kita akan mendapatkan yang terbaik sebagai Wakil Kota Padang ke tingkat provinsi maupun Nasional," pungkasnya. (Mul/Prokompim Pdg)

Posting Komentar

0 Komentar