Wajah baru UNP PRESS


Impiannews.com ( Padang )

Universitas Negeri Padang (UNP) terus tumbuh menjadi universitas yang modern. Perbaikan diberbagai lini terus dilakukan demi menjadikan UNP sebagai kampus yang maju. Salah satu bidang yang dikembangkan adalah unit penerbit dan percetakan buku UNP PRESS. 

Sejak 2007 hingga 2020, UNP Press sudah menerbitkan sekitar lebih dari 270 judul buku-buku akademik, mulai dari buku ajar (text book), buku referensi (reference), buku bacaan (reader) dan hasil penelitian (research report). Jumlah ini tergolong sedikit dibandingkan dengan jumlah dosen di UNP yang berjumlah sekitar 1.500 orang. Hal ini terjadi karena mayoritas civitas Akademika UNP lebih memilih untuk menerbitkan karya tulis mereka di lembaga penerbit luar. 

Salah satu penyebab rendahnya tingkat publikasi di UNP PRESS ini adalah sistem publikasi yang belum steady dan sistem managerial yang masih secara konvensional (offline). Terlebih lagi, buku-buku yang telah diterbitkan sebelumnya sulit untuk diakses.

Pada tahun 2020, Tim UNP PRESS mengembangkan sistem managerial penerbitan buku secara elektronik yang memuat semua daftar buku yang telah diterbitkan sejak awal berdirinya UNP PRESS. Semua buku yang diterbitkan di UNP PRESS akan terindex ISBN di Perpustakaan Nasional dan Terindex di Google Scholar. Dengan sistem ini buku-buku tersebut bisa diakses secara online dengan mudah dan bisa di pesan (dibeli) baik secara softcopy maupun cetak, jika pembaca menginginkan buku tersebut dalam bantuk tercetak. Melalui sistem ini pula, akses antara penulis dengan UNP PRESS akan jadi lebih mudah sehingga akan memudahkan dalam proses penerbitan buku baru.  

Prof. Ganefri, Ph.D (Rektor UNP) menyambut baik penggunaan system ini dan kedepannya diharapkan akan meningkatkan hak indeks UNP. Harapannya, dengan dikembangkan sistem ini dapat menaikkan tingkat publikasi Buku Civitas Akademika Universitas Negeri Padang.  

Sistem terbaru dari UNP PRESS ini bisa diakses melalui website: http//unppress.unp.ac.id/

(Ay/ humas unp )

Posting Komentar

0 Komentar