Sidang Terbuka Senat Dilaksanakan Secara Luring dan Dering

 Sidang Terbuka Senat Dilaksanakan Secara Luring dan Dering


IMPIANNEWS.COM (Padang)

DiSidang Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Negeri Padang dilaksanakan pada hari ini Jumat (23/20) bertempat di Auditorium

Berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, Sidang Terbuka Senat dimasa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara luring dan daring, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Sidang Terbuka Senat Dies Natalis ke-66 yang mengambil tema : ““Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju di tengah Pandemi” juga melalui ruang aplikasi Google Meet, dan live streaming Youtube.

Rektor UNP Prof. Dr. Ganefri dalam pidato laporan tahunannya menyampaikan capaian UNP Padang yakni dimana pihaknya melakukan pencapaian kinerja dalam Pengelolaan Keuangan, karena Status UNP sebagai Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) telah dapat menunjukkan kinerja sebagai pengelola keuangan dan aset yang lebih baik.

“Adanya perubahan dalam sistem pengelolaan keuangan dan aset yang lebih menonjolkan kemandirian yang berbasis kinerja pada capaian penerimaan,” ujar Ganefri

Menanggapi situasi pandemi Covid-19 saat ini, Rektor UNP Ganefri menyampaikan bahwa memang pandemi menimbulkan dampak di berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi.

Dalam melakukan adaptasi untuk keberlanjutan penyelengaraan pendidikan, maka perguruan tinggi melakukan berbagai terobosan dan model kebijakan. UNP juga beradaptasi dengan menyiapkan skenario tatanan baru penyelenggaraan kegiatan kampus. 

“Skenario disiapkan agar penyelenggaraan kegiatan kampus dan keberlanjutan layanan pendidikan tetap produktif, berkinerja, dan kesehatan warga UNP tetap terjaga. Skenario tatanan baru penyelenggaraan kegiatan kampus mengacu pada sejumlah aspek,” tuturnya.

Pertama, UNP tetap berkomitmen mengurangi penyebaran Covid-19 dengan berpedoman pada protokol kesehatan yang ditetapkan Gugus Tugas Covid-19 nasional, daerah maupun Satuan Tugas Covid-19 di UNP. 

Kedua, dari tatanan baru kegiatan kampus ialah tetap menganut fleksibilitas dalam pengelolaan kegiatan akademik, misalnya praktek laboratorium bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung.

Sementara, layanan pendidikan tetap menggunakan sistem daring (seluruh mata kuliah teori berbasis daring pada Semester Juli-Desember 2020) melalui pengembangan Learning Management System versi-2, dengan selalu komitmen dalam memenuhi standar kualitas.

Pembelajaran daring di UNP didorong untuk tidak monoton dan tetap mencapai standar atau capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh kurikulum yang adaptif ‘merdeka belajar dan kampus merdeka’ di tiap program studi.

Ketiga, pada aspek riset dan pengabdian masyarakat, UNP tetap fokus melakukan riset untuk menghasilkan inovasi dan kebaruan ilmu pengetahuan untuk perbaikan kualitas kesehatan kehidupan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Terakhir Ganefri juga menyampaikan, bahwa momentum Dies Natalis UNP ke - 66 ini juga merupakan sarana merefleksi diri terhadap pencapaian - pencapaian UNP dari tahu - tahun sebelumnya.(*/02)


Posting Komentar

0 Komentar