Park Tae-sung Dubes Korsel, Akui Indonesia Seperti Saudara Kandung

 Park Tae-sung Dubes Korsel, Akui  Indonesia Seperti Saudara Kandung


Tangkapan layar Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae Sung dalam sambutan terkait perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan. /Antara /

IMPIANNEWS.COM (Korsel).

Duta besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara sahabat.

Bagi Tae-sung, Indonesia merupakan negara yang berharga dan seperti saudara kandung. Hal itu disampaikannya saat perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan.

“Ikatan batin yang erat antara Korea Selatan, dan Indonesia telah terjalin selama 100 tahun, yakni sejak pertama kali diaspora Korea bermigrasi ke Indonesia.

“Presiden Moon Jae-in, dan Predisen Joko Widodo pun memilki hubungan yang erat,” kata Tae-sung dalam sambutan di Instagram resmi Kedubes Korea di Jakarta.

Ia pun menggaris bawahi hubungan antara kedua negara yang telah terjalin erat di tingkat yang lebih tinggi, yakni menjadi kemitraan strategis khusus (Special Strategic Partnership), sejak kunjungan kenegaraan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia pada 2017.

“Di kawasan Asia Tenggara, kemitraan tersebut hanya dimiliki oleh Indonesia, dan Korea. Ruang lingkup kerja sama antara kedua negara pun diperluas hingga diplomasi pertahanan, ekonomi, dan kebudayaan,” lanjutnya.

Dubes Park berharap ke depanya, kerja sama investasi, dan industri antara kedua negara dapat terus dipercepat guna segera memulihkan kondisi ekonomi kedua negara yang terdampak oleh pandemi covid-19.

Selain itu, ia juga menyatakan komitmen Korea Selatan untuk terus bekerja sama, dan berjuang dengan Indonesia dalam mengahadapi masa sulit di tengah wabah virus covid-19.

“Hingga saat ini, Korea Selatan terus berbagi pengalaman dengan Indonesia dalam penganggulangan covid-19 yakni yang berkaitan dengan strategi 3T (Test, Trace, Treat). Agar pandemi covid-19 dapat segera teratasi,” tambahnya.

Selain kerja sama pemulihan, dan penanganan covid-19 serta diplomasi antar-pemerintah, Dubes Park juga menyebut diaspora masing-masing negara sebagai bagian penting dari hubungan erat Indonesia dan Korea Selatan.

“Warga Korea yang menetap di Indonesia mencapai 30.000 orang dan warga Indonesia yg tinggal di korea mencapai 40.000 orang. Mereka memiliki peran penting dalam menjembatani dan menjalin persahabatan antara kedua negara,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Korea Selatan dalam memfasilitasi pekerja migran Indonesia untuk memperoleh lingkungan kerja yang memadai dan perlakuan yang setara.

“Salah satunya melalui rencana pembentukan kesepakatan bagi PMI atau anak buah kapal (ABK) Indonesia yang tidak termasuk ke dalam kategori Employment Permit System,” kata Menaker.

Adapun Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi menegaskan bahwa hubungan spesial kedua negara didasarkan dengan prinsip-prinsip yang diyakini bersama yakni terkait demokrasi, hak asasi manusia, dan perdamaian dunia. ***


Posting Komentar

0 Komentar