Kelurahan NDB Menuju Kelurahan BERSINAR


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Awal November Pencanangan Kelurahan Bersinar. Kalau tidak ada aral melintang, direncanakan awal bulan November 2020 akan dilaksanakan kegiatan PencananganKelurahan Bebas Narkoba (Bersinar) di Halaman Kantor Lurah Nunang Daya Bangun (NDB). Kegiatan ini dilaksanakan pasca ditetapkan nya Kelurahan Nunang Daya Bangun sebagai pilot projek kegaitan pencanangan sebagaimana dimaksud.

Adapun penetapan kelurahan bersinar tersebut tertuang dalam Surat keputusan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat Nomo: KEP/233/X/Ka/Pc.01.02/2020/BNNP tanggal 9 Oktober 2020 tentang Penetapan Nama Pilot Project Desa/Kelurahan/Nagari Bersinar.

Dalam SK BNNP tersebut terdapat 4 Desa/Kelurahan/Nagari yang ditetapkan dalam SK tersebut yaitu : Kelurahan Nunang Daya Bangun (Payakumbuh), Desa Sijantang (Sawahlunto), Nagari Koto Baru (Solok), Nagari Aya Kuning (Pasaman Barat)

Untuk di Kelurahan Nunang Daya Bangun persiapan pelaksanaan Kelurahan Bersinar ini sudah dilaksanakan sejak bulan Februari 2020 sebelum adanya covid-19. Namun, adanya pandemi ini berpengaruh terhadap pengganggaran kegiatan dan hal tersebut menjadi salah satu fokus pembahasan dalam kegiatan asistensi penguatan ketahanan keluarga dalam rangka pelaksanaan pilot Project Kelurahan bersinar ini yang dilaksanakan di Kantor camat Payakumbuh Barat.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi,  Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Budhy D. Permana, Kasi P2M BNN Kota Payakumbuh Indra Yulita, S.PSi,  Kasi Pemberdayaan Bagian Pemerintahan Setdako Payakumbuh Ara, Kepala KUA Payakumbuh Barat Resfi Yendri, dan  Lurah NDB.

Dalam kegiatan Asistensi kemarin dibahas bebrapa hal terkait dengan pelaksanaan Kelurahan Desa Bersinar. Mulai dari capaian output yang akan dicapai sampai kepada rencana aksi yang akan dilaksanakan kedepan. Untuk rencana aksi dalam waktu dekat ini akan dilakukan pencanangan Kelurahan Bersinar di kelurahan NDB. Pelaksanaan kegiatan direncanakan awal bulan November 2020.

Menurut Indara Yulita, untuk tahap awal sasaran yang akan dicapai adalah adanya komitmen dari tokoh masyarakat di kelurahan Nunang Daya Bangun untuk ikut sama-sama berperang melawan Narkoba ini.  Bentuk komitmen tersebut nantinya akan dituangkan dalam pernyataan sikap dan komitmen pada saat pencanangan Kelurahan Bersinar.

Selain itu, rencana aksi juga akan dikolaborasikan dengan kebiatan-kegiatan positif lainnya seperti kegiatan kepemudaan yang sedang dan akan berlangsung seperti kegiatan keolahragaan yang saat ini sedang maraknya di kelurahan NDB. Harapan nya dengan rencana-rencana aksi ini dapat menekan kasus-kasus narkoba kedepannya.

Adanya rencana aksi untuk melakukan tes urine bagi warga yang akan melakukan pernikahan juga dibahas dalam pertemuan kemarin. Wacana ini masih belum bisa diwujudkan karena perlu pengkajian lebih lanjut. Kepala KUA Payakumbuh Barat Resfi Yendri mengatakan bahwa wacana ini sangat bagus. Tapi menurutnya perlu adanya aturan dan payung hukum yang jelas, sebab tidak mungkin pelaksanaan nya hanya dilakukan di kecamatan Payakumbuh Barat saja.

Untuk pelaksanaan kegiatan Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Budhy Dharma Permana sangat bersemangat. Menurutnya harus secepatnya pencanangan ini dilakukan. Dirinya berharap dengan Pilot Project angak pemakaian narkotika di NDB dapat turun dan pada akhirny bisa benar-benar bersih dari Narkoba.

Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi pada kesempatan kemarin juga ikut mendukung program ini dan akan mensupport kegiatan BNN ini. Menurutnya rencana aksi yang akan dilaksanakan kedepan nya diharapkan bisa menjawab persoalan-persoalan yang selama ini ada ditengah-tengah masyarakat.

Terkait dengan sasaran awal yang akan dicapai oleh BNN yaitu adanya komitmen bersama-sama masyarakat perlu juga kami sampaikan disini bahwa sebulan ke belakang tokoh-tokoh masyarakat NDB khususnya di Ganting juga sudah menginisiasi pelaksanaan diskusi dengan topik bahasan tentang pemberantasan narkoba. Bahkan dalam pembicaraan tersebut juga telah lahir cikal bakal Satgas narkoba di tingkat kelurahan. Tentunya ini bisa disingkirkan dengan program Kelurahan Bersinar ini.

Terkait dengan pencanangan tentunya dalam waktu dekat ini akan diadakan pertemuan dengan kelembagaan dan tokoh masyarakat di kelurahan NDB. 

Terakhir selaku Lurah kami mengajak seluruh komponen untuk ikut secara aktif bersama sama untuk memberantas Narkoba ini khususnya di kelurahan NDB. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli degan generasi muda kita.(014)

Posting Komentar

0 Komentar