Jokowi: Selamat HUT ke-75 TNI, Penjaga Utama Kedaulatan Negara

 Jokowi: Selamat HUT ke-75 TNI, Penjaga Utama Kedaulatan Negara


IMPIANNEWS.COM (Jakarta)

Presiden Jokowi mengikuti peringatan ke-75 HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Istana Negara, Senin (5/10). Dalam sambutannya, Jokowi menyebut, hari istimewa TNI ini bukan hanya disambut oleh anggota saja, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya mengucapkan selamat HUT ke-75 TNI. Bukan hanya dirayakan anggota dan keluarga besar TNI di mana pun berada, tapi juga seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (5/10).

Jokowi lalu menyoroti perjalanan panjang TNI, dari mulai masa kemerdekaan RI hingga saat ini. Menurutnya, selama ini, TNI berperan penting menjaga keutuhan NKRI.

"TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga utuh kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara," tuturnya.

Sepanjang sejarahnya, kata Jokowi, kontribusi yang diberikan TNI untuk Indonesia bukan hanya melalui operasi militer saja. Tetapi juga melalui operasi masyarakat yang sigap turun tangan saat Indonesia dihadapkan dengan bencana alam dan non-alam, termasuk pandemi COVID-19.

"Untuk itu, atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, prajurit yang bertugas di mana pun, juga purnawirawan yang telah mewariskan institusi, dan prajurit TNI yang selalu berbakti pada kemajuan negeri," pungkasnya. ***


Posting Komentar

0 Komentar