Rumah Kita Kambang, Gelar Aksi Bersih Pantai, Libatkan Tiga Unsur Komunitas

Aksi bersih pantai yang dimotori oleh Kreasi Anak Nagari Rumah Kita Kambang
IMPIANNEWS.COM (Pesisir Selatan)

Libatkan seratusan orang lebih dari berbagai komunitas bersihkan sampah pantai dalam aksi bersih-bersih pantai, Sabtu (25/7) di Pantai TPI Pasar Gompong Kambang, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumateta Barat.

Aksi bersih pantai yang dimotori oleh Kreasi Anak Nagari Rumah Kita Kambang, yang berkolaborasi dengan sejumlah perkumpulan aktifitas generasi muda dari tiga unsur komunitas yakni darat, laut dan udara yang tersebar di Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain dari perkumpulan berbagai komunitas, kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur pemerintah daerah yaitu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Camat Kecamatan Lengayang, Wali Nagari Kenagarian Kambang Barat.

Dalam sambutannya Kadis Perikanan, Andi Syafinal ucapkan terima kasih kepada seluruh komunitas yang cinta terhadap kebersihan lingkungan, yang mau memberikan waktunya untuk menjaga dan membersihkan lingkungan.

"Kita sangat berterima kasih kepada seluruh komunitas, karena kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah," ungkap Kadis Perikanan dan Kelautan.

Ketua pelaksana, Kevin mengatakan, "Aksi bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu bentuk kepedulian anak nagari terhadap kebersihan lingkungan, karena di masa new normal sekarang ini, kita sangat perlu menjaga kebersihan terutama objek wisata pantai," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Rumah Kita Kambang dan ketua Kambang Surf, Genta mengatakan, "Aksi bersih-bersih pantai ini kita fokuskan kepada sampah plastik, karena sampah plastik ini tidak hancur sampai jutaan tahun lamanya, ini dapat merusak ekosistem laut kita, selain itu juga merupakan upaya kita dalam menginspirasi masyarakat maupun pengunjung agar mau dan aktif menjaga kebersihan pantai," ungkapnya.

"Hal ini sebagai upaya kita dalam menjaga kelestarian alam, sehingga akan selalu bisa dinikmati oleh generasi-generasi yang akan datang," lanjut Genta.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, akan semakin banyak para generasi muda yang tertarik untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai, namun yang lebih penting, kami ingin memotivasi diri kami sendiri," ujar atlet sekaligus pengembang olahraga surfing Kabupaten Pesisir Selatan tersebut, saat ditemui di lokasi kegiatan.

"Selain aksi bersih pantai, kita juga menggelar aksi periksa kesehatan gratis, live musik, exhibition surfing, baca buku gratis, baca puisi, pembagian masker gratis, mural, kegiatan photograper, sambil menikmati sunset," tambahnya.

Salah seorang anggota komunitas Langkisau Scooter Club, Edwart menjelaskan bahwa aksi bersih pantai ini juga bisa dikatakan sebagai wadah silaturahmi komunitas se-Pesisir Selatan untuk bersama-sama memberikan contoh yang baik, sehingga masyarakat nantinya dapat mengikuti dan menjadikan sebuah kebiasaan untuk selalu membersihkan pantai. (zn)