Rahasianya Terkuak, Balon Bupati Ini Berbagi Tips Cara Cari Bibit Unggul

IMPIANNEWS.COM (Kab. Solok).

Melanjutkan pemberitaan sebelumnya menyoal peningkatan agrobisnis bidang pertanian/perkebunan di Kab. Solok. Akhirnya rahasia Bakal Calon Bupati Hendra Saputra SH, M.Si dihadapan wartawan, terbongkar juga.

Pasalnya, melalui wawancara ekslusif Dosen Muda ini dengan beberapa awak media, Jumat sore (14/02/20), panjang lebar dirinya memaparkan tips tips tentang cara termudah meningkatkan agrobisnis bidang pertanian, salah satunya pembibitan tanaman buah.

Dikatakan Hendra, dalam memproduksi bibit unggul. Tahap tahap yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bibit untuk batang bawah, memilih bibit untuk batang atas dan melakukan penyambungan.

Memilih biji yang murni dapat dilakukan dengan cara mencucinya terlebih dahulu yakni dengan air bersih, agar daging buah yang masih menempel bisa terlepas. Selanjutnya biji yang dipilih dikeringkan pada suatu tempat terbuka, dan jangan terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya, agar kadar air berada pada sekitar 14 persen, sebut Dosen Muda ini, memaparkan.

Jika kita melakukan pemilihan media tanam, nan ada di kebun atau menggunakan plastik yang telah di isi tanah. Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu tempat penanaman berupa gundukan memanjang. Berikutnya tanah dicangkul dan dicampur dengan pupuk kandang serta harus bersih dari kotoran atau bibit penyakit, katanya.

"Untuk menghindarkan jamur dan hama yang dapat merusak. Misalnya pada biji durian serta calon tanaman lainnya, media penanaman tersebut disemprot terlebih dahulu dengan fungisida dan insektisida.  Tempat penanaman di isi naungan dari paranet atau daun kelapa, tujuannya untuk melindungi bibit yang masih muda dari air hujan dan sinar matahari, imbuh Dosen Muda ini.

Sebelum Birokrat Muda Hendra Saputra meneruskan berbagi tips. Diakuinya, bahwa beground atau rekam jejak dirinya bukanlah seorang insinyur pertanian. Hanya saja beberapa penerapan cara pembibitan buah terbaik, sudah ia lakukan dan terapkan kepada banyak petani. “Alhamdulillah, mampu menghasilkan bibit buah yang berkualitas”, pungkas Hendra.

Kembali dilanjutkan Hendra Saputra, untuk penanaman biji durian dengan menggunakan plastic, maka gunakanlah plastik berwarna hitam khusus. 

Plastik di isi dengan tanah merah dan pupuk kandang yang sudah di ayak. Kemudian plastik disusun sedemikian rupa. 

Penanaman biji yang akan ditanam, direndam terlebih dahulu. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan dan sekaligus mencegah serangan jamur, ungkapnya. 

Setelah itu, kata Hendra, biji buah ditanam dengan jarak 15 cm x 20 cm. Jika penanamannya dilakukan dengan menggunakan plastic, maka biji buah terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media, masing masing satu biji ke dalam satu plastic dan kemudian disiram. 

Ketika beberapa awak media menanyakan tentang bagaimana cara melakukan perawatan selanjutnya, Balon Bupati Solok ini, dengan senang hati memaparkan. (ml)

#taf

Post a Comment

0 Comments