Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP : Lantik 193 Pejabat Esselon III dan IV Dilingkungan Pemko Padang

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Sehubungan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, Pemerintah Kota Padang telah mengalokasikan anggaran ke kecamatan pada bagian anggaran kelurahan guna dimanfaatkan sesuai aturan perundang-undangan. Dalam hal ini, Lurah akan langsung menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Padang, Mahyeldi pada acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Administrator (Eselon III) dan Pengawas (Eselon IV) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Senin (11/3/2019).

“Lurah akan memiliki tanggung jawab yang besar sebagai kuasa pengguna anggaran. Oleh sebab itu, orang-orang yang akan mengelola dana kelurahan adalah orang-orang pilihan. Saya tidak mau selama masa pemerintahan saya ada permasalahan dengan pengelolaan keuangan”, tegas Mahyeldi.

“Saya berharap pelantikan bukan hanya menjadi formalitas pendistribusian jabatan semata, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri ke arah tercapainya sumber daya aparatur yang andal dan profesional dalam melakukan tugas pemerintahan, serta pembinaan kemasyarakatan menuju masyarakat Kota Padang yang sejahtera, religius, dan berbudaya”, tutur Wali Kota.

Selain itu Mahyeldi juga mengingatkan, bahwa aparatur kelurahan dan kecamatan adalah bagian dari Tim Kewaspadaan Dini yang bertanggung jawab kepada Wali Kota. “Untuk itu, silahkan laporkan setiap penyimpangan yang terjadi di tengah masyarakat dimana aparatur tersebut berada”, jelasnya.

“Hari ini saudara sekalian dilantik karena Kota Padang membutuhkan. Laksanakanlah tugas ini karena Allah SWT, bukan karena Wali Kota. Jangan lupakan teamwork, bangunlah sinergi. Karena masing-masing kita mempunyai kelebihan dan kekurangan, mari saling melengkapi. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT”, pungkas Mahyeldi.

Pada kesempatan tersebut dilantik sebanyak 193 orang yang terdiri dari 4 orang pejabat administrator dan 189 orang pejabat pengawas yang merupakan aparatur kelurahan dan kecamatan di lingkungan Pemko Padang. 

Pejabat administrator yang dilantik yaitu Wilman Muchtar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Destinasi, Usaha dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, kini menyandang jabatan baru sebagai Camat Lubuk Begalung. Sedangkan jabatan lamanya digantikan oleh Andree Harmadi Al Gamar.

Berikutnya Robert Candra Eka Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Padang Selatan kini menjabat Sekcam Nanggalo, dan Maspeg yang sebelumnya menduduki jabatan Lurah Rawang Kecamatan Padang Selatan kini menjalankan amanah baru sebagai Sekretaris Kecamatan Padang Selatan. (th)