Badan Kesbangpol Padang Gelar Penyuluhan Anti Narkoba, Wawako Ekos Albar: Mari Bersama Kita Wujudkan Padang Bersih Narkoba!

Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar didampingi Kepala Badan Kesbangpol Tarmizi Ismail bersama Ketua LAN Kota Padang Yandri foto bersama dengan peserta kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin (27/11/2023).

PADANG - Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba selama 27 dan 28 November 2023 di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 330 peserta terdiri dari perwakilan tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kepemudaan dan keagamaan se-Kota Padang itu, dibuka secara resmi Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar, Senin (27/11/2023) pagi.

Dalam sambutan dan arahannya Wawako Ekos Albar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang didukung oleh Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kota Padang di bawah kepemimpinan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang Yandri tersebut.

"Narkoba adalah musuh nyata dan sebuah kejahatan yang luar biasa. Masalah ini adalah hal klasik yang belum habis-habisnya sampai saat ini. Maka itu, perlu sekali dukungan konkrit semua unsur menyikapi bahaya laten barang haram tersebut," ujarnya.

Wakil Wali Kota Padang itu pun menilai pentingnya sinergi dari semua pihak disertai berbagai langkah dan upaya secara masiv dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota Padang.

"Salah satunya seperti melalui penyuluhan anti narkoba kali ini. Kegiatan tersebut sangat tepat dilakukan mengingat dalam mengatasi narkoba tidak bisa dari pihak kepolisian atau TNI dan pemerintah saja. Tapi perlu dukungan dari LAN Kota Padang serta semua unsur dan elemen masyarakat," ujar Wawako didampingi Kepala Badan Kesbangpol Tarmizi Ismail saat itu.

"Kita harus senantiasa mengetatkan pengawasan dan memperkuat edukasi bagi masyarakat terutama generasi muda terkait bahaya laten narkoba. Karena siapa yang mencobanya maka ia akan sengsara selamanya," tambahnya.

Terakhir tambah Wawako lagi, dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Padang, selama tahun 2023 Pemko Padang telah melakukan sejumlah upaya.

"Alhamdulillah, bekerjasama dengan sejumlah pihak kita telah membuat tiga kelurahan percontohan di Kota Padang sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) diantaranya yakni Kelurahan Indarung, Batu Gadang dan Lambung Bukit."

"Selain itu pada 20 Agustus 2023 lalu kita juga telah melaunching Kampung Tangguh dan Kampung Bebas Narkoba di Kelurahan Rawang yang sekaligus menjadi duta Sumatera Barat (Sumbar) ke tingkat nasional," papar Wawako Padang mengakhiri.

Sementara itu Ketua LAN Kota Padang Yandri mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemko Padang dan unsur terkait lainnya dalam upaya memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota Padang.

"Kita sangat berharap dukungan para orang tua, ninik mamak serta bundo kanduang dan elemen masyarakat dalam menjaga generasi muda Kota Padang sebagai aset bangsa dari jeratan narkoba. Melalui penyuluhan anti narkoba ini diharapkan semakin menguatkan tekad kita untuk menjadikan Padang sebagai kota bersih narkoba tentunya," harap Sekretaris Komisi IV Kota Padang tersebut.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Padang, sejumlah kepala OPD terkait dan Camat dan Lurah se-Kota Padang.

Selain itu terlihat sejumlah narasumber diantaranya Kasat Narkoba Polresta Padang AKP Martadius, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Japeri dan Yudha Putra dari Badan Kesbangpol Kota Padang.(david)


Post a Comment

0 Comments