Tingkatkan Pemahaman Dan Pengetahuan Tentang Hukum, Personel LANTAMAL IV Mengikuti Sosialisasi Dari DISKUMAL


Impiannews.com | TNI AL, BATAM— Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, membuka sosialisasi tentang hukum oleh Tim Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal), di Gedung Nakula Mako Yonmarhanlan IV, Taman Baloi, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan kali ini secara khusus membahas Tata Cara Penyusunan Pembentukan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama  Kamis (11/5/2023).

Kedatangan Tim sosialisasi hukum dari Diskumal yang di Ketuai Sekdiskumal Kolonel Laut (H) DR. Imam Subekti, S.H., M.H., dalam rangka memberikan sosialisasi tentang pembentukan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama di jajaran Lantamal IV.

Wadan Lantamal IV, yang hadir mewakili Komandan mengatakan “tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini personel di lingkungan Lantamal IV dan jajaran dapat meningkatkan pemahaman di bidang pengetahuan hukum, khususnya tentang mekanisme penyusunan produk hukum, tata cara penyusunan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama. Sehingga sasaran kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para personel.”


Selain itu, kegiatan sosialisasi hukum ini dilaksanakan untuk menilai dan mengevaluasi peraturan yang selama ini telah dikeluarkan dan berlaku telah mencapai tujuan pembentukannya, sekaligus mengetahui manfaat dan dampaknya di jajaran TNI AL, terangnya.

Sementara itu, sambutan Kadiskumal Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H., yang dibacakan oleh Sekdiskumal menyampaikan penyusunan perjanjian kerja sama bukan saja merupakan kesepakatan yang dibuat antara TNI AL dan Kementrian, lembaga dan mitra kerja, dan bukan hanya merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman, tetapi dimaknai secara luas karena memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan nasional, khususnya dalam tupoksi TNI AL.

Oleh karena itu, personel Lantamal IV dan jajarannya dituntut mampu memahami dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun peraturan hukum perjanjian agar dapat mengantisipasi resiko yang dapat merugikan negara maupun TNI Angkatan Laut, jelasnya.

Pelaksanaan pembukaan sosialisasi tersebut ditandai dengan penyerahan cinderamata dilanjutkan foto bersama Tim Diskumal dengan para peserta dan diakhiri dengan penyampaian materi oleh Tim Diskumal Letkol Laut (H) Teguh, S.H., M.Hum.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh para Prajurit dan PNS di jajaran Lantamal IV dan diakhiri paparan dilanjutkan dengan tanya jawab tentang materi yang disampaikan.

Post a Comment

0 Comments