MAN 2 Bukittinggi Terima Hibah Buku Dari Amerika Serikat

.

IMPIANNEWS.COM

Bukittinggi, - MAN 2 Bukittinggi menerima hibah buku bahasa Inggris sebanyak 139 buah dari program “Project Buku-Buku” dari Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat di Washington DC. 


“Project Buku-Buku” ini dinahkodai oleh adik Sabrina dan Anthony Verleysen. Sabrina verleysen, mantan ETA (English Teacher Assistant) tahun 2018 dari AMINEF (America Indonesia Foundation) merupakan program kerjasama Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat dikelola oleh Fulbright.


MAN 2 Bukittinggi merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang mendapatkan bantuan Guru bahasa Inggris dari Amerika selama 8 bulan dari program AMINEF tersebut.


MAN 2 Bukittinggi mendapatkan bantuan Guru Amerika ini selama 2 periode di tahun 2018 dan 2019. Pada tahun 2018 ETA untuk MAN 2 Bukittinggi adalah Alexander Lopez Peres dan pada tahun 2019 adalah Ammarah Rehman. 


Mr. Harryanto guru bahasa Inggris MAN 2 Bukittinggi yang mendampingi ETA dikontak oleh Sabrina Verleysen untuk memberitahu akan mengirimkan buku- buku cerita berbahasa Inggris untuk dimanfaatkan siswa MAN 2 Bukittinggi. 


Mr. Anto begitu panggilan akrabnya menceritakan perjalanan buku tersebut hingga sampai ke MAN 2 Bukittinggi. 


‘’Kita sangat bersyukur MAN 2 Bukittinggi menjadi salah satu sekolah pilihan dalam mendapatkan hibah buku dari Amerika Serikat. Terimakasih banyak kepada Sabrina dan Anthony Verlyesen, buku ini merupakan hadiah sekaligus kepedulian mereka kepada siswa MAN 2 Bukittinggi dalam literasi bahasa Inggris." paparnya.  


Selanjutnya Mr. Anto juga menyampaikan terimakasih kepada Kedubes RI di Washington dan Bea Cukai Indonesia.


 "Perjalanan buku ini dari Amerika Serikat sampai ke MAN 2 Bukittinggi berjalan lancar berkat bantuan Kedubes Indonesia di Washington DC yang menghubungi kami 30 Januari 2023 lalu. Staff kedubes RI di Washington Anggia Sinjar mengarahkan MAN 2 Bukittinggi untuk mengirim email ke Bea Cukai Indonesia dan Bea Cukai Kota Padang. Alhamdulillah semua merespon cepat dan buku datang dengan selamat.’’ Papar Mr. Anto.


Selain menceritakan tentang proses pengiriman buku tersebut  Mr. Anto sangat antusias menceritakan respon siswa yang tergabung dalam English Clinic MAN 2 Bukittinggi saat membaca buku tersebut.


‘’Buku ini sebelum diletakan di Pustaka, mister menyerahkan dulu kepada bapak kepala MAN 2 Bukittinggi secara simbolis. Respon siswa sangat sangat luar biasa, buku ini juga menambah motivasi siswa dalam membaca buku berbahasa Ingggris. Pengunjung pustaka MAN 2 Bukittinggi juga semakin meningkat karena buku yang datang tersebut dalam bentuk Novel dan buku bergambar lainnya. Melalui buku – buku berbahasa Inggris kemampuan siswa MAN 2 Bukittinggi dalam reading juga semakin meningkat.’’ Harap Mr. Anto.


Usai menerima buku hibah dari Amerika Serikat, kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J, Selasa (14/3/23) di ruang kepala menyampaikan bahwa buku merupakan jendela dunia dan sumber ilmu. Wawasan siswa harus meningkat apalagi di era milenial sekarang ini jangan sampai siswa madrasah seperti katak dalam tempurung.


‘’Hibah buku dari Amerika Serikat ini merupakan bentuk kepedulian para volunteer kepada MAN 2 Bukittinggi, ini luar biasa karena hanya 6 sekolah yang mendapatkan hibah buku tersebut. Selain meningkatkan minat baca siswa dalam bahasa Inggris juga menambah koleksi perpustakaan madrasah kita. Buku berperan penting dalam mengubah pola pikir dan cara bersikap seseorang dalam menatap kehidupan. Selain itu melalui buku ini kita mendorong siswa semakin gemar membaca juga mengasah grammar, menulis dan kemampuan berbicara. Kehadiran buku ini sangat membantu  salah satu keunggulan ekskul  MAN 2 Bukittinggi yaitu english clinic untuk semua siswa.’’ tutup Amri.J. (014)

Post a Comment

0 Comments