UIN IB Padang Terima Kunjungan Siswa MAN 2 Payakumbuh.

IMPIANNEWS.COM

Padang -- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menerima kunjungan MAN 2 Payakumbuh Propinsi Sumatera Barat. Acara dilaksanakan Gedung Pertemuan Prof. Mahmud Yunus Kampus 2 Lubuk Lintah, Kamis (12/01/2023).

Kedatangan 100 orang Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh ini  yang terdiri dari Jurusan  IPA, IPS dan Agama ini didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Ibu Erni Anita, S.Pd. beserta beberapa orang majlis Guru tersebut. Rombongan disambut  disambut langsung oleh  Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembangaan, Dr. Yasrul Huda,MA., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Werlhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D.  Turut hadir Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. Andri Ashadi, MA, beserta Ketua Prodi Aqidah Filsafat Dr. Amril, M.Ag., Wakil Dekan Dekan 3 Fakultas Adab dan Humaniora Dr. M. Danil Chaniago, dan Koordinator Kerja Sama, Kelembagaan, Humas             Drs. Mardius M., MM.,  beserta tim Humas dan Protokoler serta  Akama UIN IB Padang.

Wakil Kepala MAN 2 Payakumbuh menyampaikan maksud kedatangan untuk memperkenalkan dan mengetahui informasi langsung tentang Kampus UIN IB Padang terutama yang berkenaan dengan program  penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2023. Beliau berharap dengan membawa langsung siswa ke kampus akan memberikan motivasi dan minat siswa dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan nantinya.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan mewakili rector menyambut baik kedatangan rombongan dari MAN 2 Payakumbuh.  Beliau memaparkan dan memperkenal fakultas dan program studi yang sudah ada seperti; Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (FS) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sain dan Tekhnologi (Saintek), beserta prodi-prodi yang ada di masing-masing fakultas tersebut. Beliau juga berharap mudah-mudahan siswa-siswa MAN 2 Payakumbuh banyak yang berminat untuk kuliah di UIN IB Padang.

“ Kami berharap semoga seluruh siswa yang datang berkunjung ini akan mengambil UIN IB Padang sebagai pilihan tempat melanjutkan studinya” harapnya.

“MAN 2 Payakumbuh adalah salah satu madrasah yang siswanya mempunyai peminat terbanyak yang kuliah di UIN IB Padang.” Imbuhnya.

Kemudian Wakil Rektor 1 menambahkan bahwa, penerimaan mahasiswa baru bisa melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UM PTKIN), Seleksi Prestasi Keagamaan, Olah Raga dan Sains (SPKOS), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Asing (SPMA), Seleksi Penerimaan Prestasi Akademik Diploma (SPAD), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Reguler Mandiri (SPMBM). Untuk tahun 2023 ini akan menerima sebanyak 7000 mahasiswa baru yang sebelumnya tahun 2022 hanay sebanyak 5000,  demikian tuturnya bersemangat.

Wakil Rektor 3 Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D., menyampaikan tentang sistem perkuliahan di UIN Imam Bonjol Padang termasuk beasiswa yang dapat diterima oleh mahasiswa. Kampus UIN IB  ada 3 yang pertama; Kampus 1 di Jalan Sudirman Program S3 (Dr), S2 (MA), Kampus 2 Jl.Prof.Mahmud Yunus Lubuk Lintah untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Kampus 3 di Sungai Bangek untuk fakultas lainnya.

Adapun beasiswa yang bisa diterima oleh mahasiswa adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Tahfizul Qur’an, Prodi Keislaman, Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia(BSI), Indonesia Cerdas BRI, dan lainnya. Ia mengatakan yang paling sangat penting adalah “bagaimana  menumbuhkan mindset dan  kepercayaan diri, memikirkan untuk meyakinkan diri melihat perguruan tinggi dari diri sendiri, lalu bagaimana orang tidak bisa dan anda bisa, bagaimana orang bisa, dan anda juga bisa”. Ini maknanya cukup dalam, sekalipun kuliah di atas langit, tapi kalau tidak bisa mindset diri tidak akan punya arti apa-apa, begitu tuturnya lengkap. Terakhir acara dilengkapi dengan tanya jawab seputar informasi dan perkuliahan di UIN IB serta pertukaran cendra mata dari kedua belah pihak.

Post a Comment

0 Comments