Pemuda Nagari Taeh Baruh Gelar Lomba Catur Tingkat Sumbar

.

IMPIANNEWS.COM

Taeh Baruh, - Sebagaana biasanya, setiap peringatan hari besar nasional, Karang Taruna Nagari Taeh Baruh mengisinya dengan berbagai iven dan perlombaan merakyat. 


Hal tersebut tampak dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 dan menyambut Hari Pahlawan tahun 2022, Pemuda nagari Taeh Baruh menggelar turnamen catur tingkat Sumatera Barat yang dibagi 2 kategori, senior dan junior.


Turnamen catur yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar, Azwar Zawir bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt. Paduko Basa, Camat Payakumbuh Jonianto, Ketua Percasi Kabupaten Limapuluh Kota, Yufrizal Away dan Walinagari Taeh Baruah, Indra Mulyadi dan panitia pelaksana.


"Turnamen kita ini diikuti sebanyak 38 pecatur senior dan 15 pecatur yunior berasal dari 8 daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Turnamen catur yang akan berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu 5-6 November 2022. Ajang ini.untuk memotivasi, silaturahmi antar pecinta papan bidak catur,"terang Azwardi, panitia pelaksana turnamen.


Membuka turnamen, Ketua Umum KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt. Paduko Basa dalam sambutannya mengatakan, turnamen catur yang digelar pemuda Nagari Taeh Baruah ini, dharapkan akan lahir bibit-bibit pecatur berbakat yang dapat diandalkan untuk mengikuti berbagai iven olahraga catur serta menghadapi Porprov Sumbar yang akan digelar 2023 mendatang.


“ Kita berharap dari turnamen catur ini, akan lahir pemain-pemian catur andalan dari Kabupaten Limapuluh Kota,”  harap Wirianto Dt. Paduko Basa.


Hal senada juga disampaikan Sekretaris Umum Percasi Sumbar, Azwar Zawir.


"Catur adalah olahraga asah otak yang perlu keseriusan. Dalam dunia percaturan tidak akan pernah terlepas dari teori. Sampai kapanpun ilmu catur ini akan terus berkembang, makanya perlu belajar. Bagi yang malas akan tertinggal, yang tertinggal akan ketinggalan. Maka teruslah belajar lebih serius dan lebih fokus. Satu hal harus diingat, setiap pertandingan adalah kemenangan, apapun hasilnya, “ ungkap Azwar.


Azwar Zawir yakin olahraga catur di Kabupaten Limapuluh Kota akan terus berkembang dan diminati. Kondisi ini terlihat dari antusias para peserta turnamen.


Sementara itu Camat Payakumbuh Jonianto, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada peserta catur yang datang dari 8 daerah Kabupaten dan Kota di kawasan Provinsi Sumbar untuk mengikuti turnamen catur yang digelar Pemuda Nagari Taeh Baruah.


“ Ungkapan terima kasih juga patut kami sampaikan untuk pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar dan KONI Kabupaten Limapuluh Kota yang telah memberikan dukungan dan dorongan, sehingga turnamen catur yang digelar pemuda Nagari Taeh Baruah ini berjalan seperti sukses seperti yang diharapkan,” pungkas Jonianto. 


Pembukaan turnamen catur tingkat Sumatera Barat Tahun 2022 yang digelar  pemuda nagari Taeh Baruh ditandai dengan pertandingan antara Ketua Umum KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt. Paduko Basa melawan Camat Payakumbuh Jonianto.


Informasi terakhir dari panitia, Dani Mubarak dari Solok berhasil meraih Juara I, disusul Juara II Leo Patra dari Padang dan Eko Fernando dari Bukittinggi, pada posisi Juara III.(ul)

Post a Comment

0 Comments