Gubernur Sumbar Mahyeldi : SMK SMTI Padang salah satu unit pendidikan vokasi terbaik yang diselenggarakan Kemenperin


IMPIANNEWS.COM

PADANG - SMK SMTI Padang melantik 138 orang lulusan,  terdiri dari 84 orang laki - laki dan 54 orang perempuan. Prosesi pelantikan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bertempat di Ballroom Grand Zuri Hotel, Kamis (13/10/2022).

Gubernur menyebut, SMK SMTI Padang salah satu unit pendidikan vokasi terbaik yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian. SMK yang melahirkan sumber daya manusia berkompeten untuk dunia usaha industri itu patut dijadikan contoh bagi SMK di Sumatera Barat. 

"Kami berpikir juga untuk membuat sekolah serupa dengan SMTI, paling tidak bersinergi dengan kurikulum dan sistem yang diterapkannya, " kata Mahyeldi. 

Gubernur mengatakan, lulusan SMTI sudah memiliki sertifikasi kompetensi dan mumpuni untuk bekerja. Tentu itu membantu mengatasi pengangguran. 

"Berkompetensi dan siap  bekerja tentu mengurangi pengangguran," ujarnya. 


Dalam kesempatan itu, sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Yedi Sabaryadi mengatakan lulusan SMTI Padang menjadi SDM andal di dunia industri. Untuk itu agar terus menjalin kemitraan dalam membangun link & match antara sekolah dengan dunia industri. 

"Jalinan kemitraan dengan industri agar terus ditingkatkan supaya menciptakan link & match," ulasnya. 

Sementara itu, Kepala SMK SMTI Padang dalam laporannya menyebutkan, lulusan saat ini merupakan angkatan 34.Sampai angkatan ini SMK SMTI Padang sudah meluluskan sebanyak 4709 orang sejak 1966.


Lulusan SMK SMTI Padang yang dilantik hari ini sebagian sudah bekerja sebanyak 69 orang  dan 20 orang melanjutkan keperguruan tinggi sebagian lainnya 5 orang masih proses rekruitmen serta ada yang melanjutkan studi.

"Lulusan tahun ini adalah hasil dari penerimaan tiga tahun yang lalu, Selanjutnya, melaksanakan program pendidikan selama empat tahun," kata Sylvi. 

Selanjutnya, Kepala SMTI Padang juga membeberkan capaian dan prestasi yang diraih sekolah tersebut. Sederet prestasi berhasil diraih, baik oleh siswa maupun sekolah. 

Turut hadir dalam prosesi pelantikan lulusan SMTI Padang kali ini,  Assisten I Pemerintah dan Kesra Kota Padang Edi Hasymi mewakili Walikota Padang, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera  Barat Barlius, Kepala SMAK Padang, Ketua Hasta Pusat serta para mantan Kepala SMTI. (*)

Posting Komentar

0 Komentar