Tim Pengabmas UNP Latih Guru SMA di Kota Payakumbuh dalam Penulisan Artikel Ilmiah.

IMPIANNEWS.COM

Padang — Tim Pengabmas Universitas Negeri Padang (UNP) yang diketuai oleh Dr. rer. nat. Deski Beri, M.Si, dan anggota Prof. Ali Amran, M.Pd, M.A, Ph.D, dan Relsas Yogica, M.Pd, melakukan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran guru-guru SMA di Kota Payakumbuh. Kegiatan digelar Jumat, (29/7) di Aula SMAN 1 Payakumbuh dengan jumlah peserta 97 orang guru. Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Ali Amran, Ph.D., mewakili Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Payakumbuh Drs. Erwin Satriadi, M.Pd.

Dalam sambutannya Prof. Ali Amran, Ph.D mengatakan “Kegiatan publikasi ilmiah bagi guru merupakan nilai tambah yang berkontribusi dalam pembinaan karir guru, dan LPPM dalam hal ini akan memfasilitasi kegiatan tersebut melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen sebagai wujud partisipasi UNP dalam meningkatkan/menggali kapasitas akademik mitra ”

Sementara itu ketua pengabdian dalam sambutannya mengungkapkan bahwa “Kegiatan pengabdian ini merupakan realisasi dari program kemitraan kepada masyarakat (PKM) pada tahun 2022 yang dilaksanakan di SMAN 1 Payakumbuh”. Sedangkan Kepala SMAN 1 Payakumbuh, menyatakan bahwa “Guru-guru di SMAN 1 Payakumbuh telah banyak melakukan kegiatan penelitian sambil mengajar dan sebagian bahkan telah memiliki draft artikel yang ingin dipublikasikan, sehingga kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat dalam pembimbingan teknis bagi guru-guru yang ingin mempublikasikan karyanya dalam jurnal”.

Kegiatan bimbingan dilakukan dengan penyampaian materi oleh Prof. Ali Amran, Ph.D tentang pentingnya penulisan ilmiah dalam peningkatan jenjang karir guru diikuti dengan penyajian beberapa contoh dan metoda pelaksanaan penelitian eksperimentasi di sekolah. Kemudian materi kedua diberikan oleh Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd., tentang penelitian Tindakan yang dapat dilakukan di sekolah. Kegiatan penelitian Tindakan dapat dilakukan sejalan dengan kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan penelitian Tindakan ini diikuti dengan tuntunan untuk menulis artikel PTK yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga oleh Relsas Yogica, M.Pd., tentang petunjuk teknis dalam publikasi artikel di Jurnal yang ada di Universitas Negeri Padang.

Setelah pemaparan narasumber, dilakukan diskusi dengan tim pengabmas. Peserta pelatihan mengungkapkan bahwa, walaupun pengetahuan teknis tentang kegiatan penelitian di sekolah telah dipelajari di Kampus pada saat penyelesaian kuliah di tingkat sarjana atau pasca sarjana, karena kesibukan dan perbedaan fokus perhatian, banyak guru yang membutuhkan penyegaran Kembali tentang kegiatan penelitian di sekolah, sehingga kegiatan penyegaran yang dilakukan oleh tim Pengabmas UNP ini sangat membantu dalam pengembangan potensi guru di sekolah. (Humas UNP).

Posting Komentar

0 Komentar