Peduli Kesehatan Gigi dan Rongga Mulut Sejak Dini, Mahasiswa KKN UNAND Berikan Penyuluhan Kesehatan Rongga Mulut Kepada Anak Anak Sekitar Nagari Kambang Barat



Oleh: Tharania El Subekti
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Sumbar - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengharuskan mahasiswa terjun langsung kepada masyarakat untuk mengaplikasikan segala pengetahuan yang telah mereka dapat di dunia perkuliahan. 

Tahun ini, UNAND mengirimkan 23 mahasiswa ke nagari kambang barat daerah pesisir selatan, sumatera barat. ke 23 mahasiswa ini berasal dari fakultas dan jurusan yang berbeda beda. 

Berdasarkan data yang dilansir dari kantor wali nagari pada tanggal 21 july 2022, didapatkan bahwa sekolah dasar di nagari kambang barat berjumlah 8 unit sd, 1 unit smp, dan 3 unit  SMA. serta jumlah penduduk sebnayak 9454 jiwa yang terdiri dari 4721 laki laki dan 4733 perempuan.

Sesuai dengan tema  KKN tahun ini yakni ‘Membangun Nagari’, tujuan dikirimkannya mahasiswa mahasiswi ini adalah untuk membantu nagari yang dituju agar lebih baik serta memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memaksimalkan keadaan nagari.

Disamping sumber daya alam yang akan dimaksimalkan, sumber daya manusia di nagari ini juga direncanakan akan di maksimalkan, salah satunya dibidang kesehatan.

Kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi mulut merupakan salah satu penyebab dari penyakit gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia.

Berdasarkan pembekalan yang diberikan oleh fakultas kedokteran gigi UNAND, disampaikan “Menjaga kesehatan gigi san mulut sangat penting dilakukan, khususnya pada generasi muda. 

Rutin menyikat gigi dengan benar merupakan cara preventif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut”, ujar drg nila kasuma m.biomed selaku dekan Fakultas Kedokteran Gigi UNAND.

“Disini masih banyak anak anak yang terkena karies, mungkin bisa dibantu mengatasinya” ujar pak kepala kampung tebing tinggi di nagari kambang pekan lalu kepada tim KKN UNAND. 

Kepala kampung tebing tinggi yang mewakili warga nagari kambang barat berharap dengan adanya mahasiswa KKN UNAND dapat membantu warga dengan mengedukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak anak di nagari kambang barat ini. 

“Mungkin bisa dibantu adik adiknya dengan memberikan edukasi di sekolah sekolah”, lanjut pak kepala kampung tebing tinggi.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, masalah pada gigi dan mulut bisa berakibat fatal dan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Dalam kondisi yang parah, infeksi bisa meningkatkan risiko penyakit atau gangguan pada organ tubuh lain.

“Rongga mulut itu merupakan pintu masuk dari tubuh kita, selain nutrisi dapat juga menjadi pintu masuk untuk penyakit atau gangguan lainnya”, ujar salah satu dosen fakultas kedokteran gigi, drg E, kepada mahasiswa saat pembelajaran di kampus.

Tergerak dari permasalahan yang disampaikan pak kepala kampung mengenai kesehatan rongga mulut yaitu prevalensi karies yang masih tinggi,  Tim KKN UNAND akhirnya berinovasi untuk membantu mengurangi prevalensi ini dengan usaha preventif. Usaha preventif awal dan sangat penting yang ingin diterapkan di nagari ini adalah dengan membiasakan warga khususnya generasi muda di nagari kambang barat ini untuk menyikat secara baik dan benar.

Program ini akan dimulai dari diadakannya penyuluhan mengenai cara menyikat gigi oleh tim KKN Unand yang dilaksanakan pada hari selasa 2 Agustus 2022 di SD 27 pasar kambang, yang diikuti oleh siswa siswi SD di nagari kambang barat ini. 

Sebelum dilakukannya penyuluhan, Tim KKN UNAND berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait pelaksanaan kegiatan ini. “Boleh sekali, saya mewakili pihak sekolah mendukung kegiatan ini. untuk sarana dan prasarana nanti akan kami bantu”, ujar bu beth selaku kepala sekolah SDN 27 pasar kambang. 

Pada saat dilakukan penyuluhan, terlihat siswa siswi SD nagari kambang barat ini sangat antusias mengikuti dan mendengarkan penyuluhan yang diberikan tim KKN Unand di nagari kambang barat ini. “Bu dokter, terimakasih ya mulai sekarang saya mau rajin sikat gigi”, ujar salah satu siswa SD kelas 6 usai dilakukannya kegiatan ini.

Selain pengadaan kegiatan penyuluhan, tim KKN UNAND juga mengadakan evaluasi terkait kegiatan yang dilaksanakan minggu lalu ini. evaluasi yang dilaksanakan adalah berupa diskusi tanya jawab untuk mereview materi yang diberikan saat penyuluhan. Selain itu dilakukan follow up ke siswa siswi SD nagari kambang barat ini melalui dengan mengumpulkan data terkait kesehatan gigi dan mulut dari hasil interview kepada siswa siswi tersebut selama seminggu kebelakang.

Dari kegitan ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilakukan di SDN 27 pasar kambang ini memberikan dampak positif kepada para peserta yang mengikutinya yaitu siswa siswi sd nagari kambang barat. selain itu pihak sekolah juga menyambut baik akan kedatangan mahasiswa KKN  UNAND.

“Terimakasih sudah memberikan ilmu pada anak didik ibu, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dapat mereka terapkan”, tambah ibu bet selaku kepala sekolah di akhir kegiatan.

Posting Komentar

0 Komentar