Siswa MAN 1 Bukittinggi Lolos The Winner Duta Genre

Miftahul Fikri

IMPIANNEWS.COM 

Kota Bukittinggi, - Miftahul Fikri (siswa X IPA 2) berhasil mengharumkan nama MAN 1 Kota Bukittinggi, terkhususnya Ekstra Kurikuler PIK-R TEGAR MCC AR-RAHMAH, MAN 1 Kota Bukittinggi, dengan terpilihnya menjadim juara 1 dalam Pemilihan Duta GenRe Kota Bukittinggi. Miftahul Fikri atau yang akrab disapa dengan Fikri ini ditetapkan sebagai The Winner Duta GenRe Putra Kota Bukittinggi 2022, dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Bukittinggi, Rabu, (2/3/2022), dalam acara Penganugrahan Duta GenRe di Aula Balairung Rumah Dinas Walikota, Belakang Balok, Bukittinggi.


Pemilihan Duta GenRe ini merupakan ajang bergengsi tahun yang dilaksanakan secara berjenjang di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) yang disikapi oleh pemerintah daerah di tanah air baik Kabupaten/kota dan provinsi. Untuk tahun ini tema yang diusung bagaimana Remaja Berkualitas, Remaja Cegah Stunting.


Program untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja dengan pemahaman untuk pendewasaan usia pernikahan agar dapat menjalani jenjang pendidikan secara terencana, bekerja dan berkarir terencana dan menikah dengan perencanaan dengan menerapkan siklus kesehatan reproduksi, dikarenakan remaja yang diharapkan adalah remaja yang  memiliki karakter menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah, dan penyalahgunaan barang harap Narkotika sehingga mampu memberikan sumbangsih untuk pembangunan bangsa ini.


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi, Tati Yasmarni menyambut baik program BKKBN dari pusat hingga ditindaklanjuti oleh BKKBN Provinsi Sumatera Barat, hal tersebut terbukti sejak tahun 2014 silam digelarnya Pemilihan Duta Genre  hingga sekarang di tahun 2022 terus menunjukkan progres yang signifikan.


"Tugas paling mendasar dari seorang Duta GenRe adalah menanamkan pada diri sendiri dan lingkungan makna menjadi remaja yang sehat, hebat dan berprestasi dan berakhlak mulia," kata Tati di Bukittinggi.


Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar, SH, yang telah dikukuhkan sebagai Ayah GenRe Kota Bukittinggi  memberikan apresiasi penuh kepada Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi. Sedangkan, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Agita Erman Safar dikukuhkan sebagai Bunda GenRe Kota Bukittinggi. Pemilihan Duta GenRe Kota Bukittinggi tahun 2022 berlangsung meriah dengan mengacu pada penerapan Prokes.


Walikota Erman Safar dalam sambutannya juga mengatakan ada 3(tiga) poin penting yang menjadi tugas para duta remaja itu.


"Antisipasi penggunaan narkoba, menikah di usia yang tepat yaitu perempuan paling cepat di usia 21 dan laki-laki 25, dan terakhir antisipasi gaya pergaulan bebas," kata Erman.


Dalam pemilihan Duta GenRe Kota Bukittinggi kali ini, yang menjadi pemenang pertama tidak hanya Fikri saja. Tetapi Putri Hanum Hafiyah Defa, salah seorang mahasiswi angkatan 2020 Program Studi Perawat Universitas Fort De Kock Kota Bukittinggi  juga berhasil menjadi pemenang pertama Duta GenRe Kota Bukittinggi tahun 2022.


Fikri mengaku sangat bahagia dengan penghargaan ini karena Ajang Duta GenRe merupakan impian terbesarnya dan suatu hal yang  paling berkesan dalam hidupnya. Dan ia berharap, dengan Duta GenRe ini dapat menjadi langkah awal baginya untuk bisa menjadi lebih baik.


Dengan menjadi The Winner Duta GenRe Putra Kota Bukittinggi 2022, maka Miftahul Fikri akan mewakili Kota Bukittinggi dalan Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Sumatra Barat.


“Alhamdulillah setelah 2 tahun berturut-turut tidak mengikuti Ajang Duta GenRe, Madrasah kita kembali ikut dan mendapatkan juara 1. Benar-benar suatu kebanggaan yang tidak terduga, berkat usaha dan kerja keras dari Miftahul Fikri akhirnya berbuah manis.” Ungkap Fauziah, Pembina ekstrakurikuler PIK-R TEGAR MCC AR-RAHMAH MAN 1 Kota Bukittinggi.


Selanjutnya, Fauziah juga mengungkapkan harapannya untuk Duta GenRe semoga bisa memberikan yang tebaik untuk madrasah dan terus memberikan perubahan untuk masa yang akan datang.


Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Drs. Irsyad, M. Pd juga menyampaikan, ia berharap dengan terpilihnya Fikri sebagai The Winner Duta GenRe Putra Kota Bukittinggi 2022 dapat mengharumkan nama MAN 1 Kota Bukittinggi dan Kota Bukittinggi. Serta dapat menjadi contoh bagi peserta didik lainnya. Disamping itu,diharapkan Duta GenRe dapat memperlihatkan kepribadian yang baik dan selalu menjaga ibadahnya.(dr/014)

Post a Comment

0 Comments