Hendra Yani Terpilih Jadi Ketua Komite SMPN 1 Payakumbuh periode 2022 - 2025

Pengurus komite 

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Setelah sempat ditunda, akhirnya pada Kamis (03/02/2022) bertempat di aula pertemuan SMPN 1 Payakumbuh dilangsungkan rapat pemilihan pengurus komite baru. Berhubung kepengurusan sebelumnya yang diketuai H. Eviandi Ibrahim.


Rapat yang dimulai pukul 10.00 ini dihadiri sekitar 100 walimurid ini dipimpin langsung Ketua Komite sekolah Eviandi Ibrahim, didampingi Kepala sekolah, Defi Marlitra bersama para waka.


"Kami bangga, Wali murid jika diundang untuk rapat komite, selalu ramai hadirnya. Termasuk hari ini, ada 5 wali murid sebagai wakil dari wali murid di lokal anaknya. Mari hari ini kita tuntaskan PR kita ini. Sesuai regulasinya, komite berfungsi membantu peningkatan mutu sekolah, memberi masukkan pembangunan pada sekolah dan
Mengontrol jalannya kebijakan di sekolah,"terang Eviandi Ibrahim yang kini dipercayai sebagai Ketua komite SMAN 2 Payakumbuh.


Dikatakan Eviandi Ibrahim yang tidak boleh menjadi boleh pengurus komite adalah unsur pimpinan forkopimda, forkopimca, nagari/lurah. Mereka adalah pembina komite. Selanjutnya, anggota Parpol dan anggota DPRD, Guru di sekolah setempat dan PNS Diknas terkait.


"Yang boleh jadi pengurus komite adalah berporsi 50 persen berasal dari perwakilan walimurid, 30 persen dari pemerhati pendidikan, 20 unsur tokoh masyarakat. Prioritas kita, Ketua berasal dari unsur orang tua. Atau, cadangannya pemerhati pendidikan dan tokoh masyarakat. Jumlah pengurus antara 5 sampai 15 orang atau porsi ganjil. Pengurus Inti terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, dan anggota aktif,"imbuhnya.


"Komite tidak bergaji. Ingat itu, Tidak ada gaji. Hanya bermoto cerdas dan ikhlas. Dana komite boleh dipakai untuk administrasi komite, perjalanan dinas komite dan biaya rapat,"pungkasnya.


Senada dengan Ketua komite, Kepala SMPN 1 Payakumbuh Defi Marlitra menyebut bahwa kunci dari penerapan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang komite adalah adanya rasa Mau, Mampu berkoordinasi dan rela meluangkan waktu untuk kepentingan bersama.


"Selama ini prestasi SMPN 1 Payakumbuh sudah sangat dikenal hingga nasional. Semua itu berkat kerjasama yang baik wali murid, komite dan sekolah.


Prestasi ini sudah dari para pendahulu, kini masih kaya prestasi dalam segala unsur, akademis dan non akademis. Kita brrharap pada hari ini bisa terbentuk pengurus baru sebagai pelanjut kerja kepengurusan lama,"sebut Defi Marlitra.


"Selanjutnya, kepada perwakilan lokal usulkan nama yang aman diusulkan sebagai pengurus. Kita calonkan 15 orang. Kami tidak akan mengintervensi siapa yang akan dicalonkan. Semua kami serahkan kepada wali murid,"tukasnya.



Menindak lanjuti permohonan Ketua komite dan Kepala SMPN 1 Payakumbuh, kesempatan itu muncul 15 tokoh sebagai wakil dari wali murid sebagai calon kepengurusan komite periode 2022-2025.
Adalah sebagai berikut :
  1. Hendra Yani, wali murid dan seorang wiraswasta dan alumni SMPN 1 Payakumbuh,
  2. Aiga Putra - wali murid dan personil Polres Payakumbuh
  3. Muhammad Arif Dt Bijo, wali murid dan tokoh adat Koto Nan Godang
  4. Pambudi - wali murid dan tokoh masyarakat
  5. Marwin, wali murid dan anggota Kodim 0306/50 Kota,
  6. Ridwan Tanjung - wali murid dan pengacara
  7. Jon Afrizal, mantan Kepala SMPN 1 Payakumbuh
  8. Rika Amelia, IRT dan wali murid
  9. Ajisman, Ketua Organda Limapuluh Kota 
  10. Arif Budiman - wali murid
  11. Muhammad Antoni seorang wiraswasta
  12. Busda Wati, wali murid
  13. Mila, wali murid


Walau hanya ada 13 calon pengurus komite, tidak mengurangi arti dari rapat siang ini. Selanjutnya, ketiga belas tokoh dan perwakilan wali murid melaksanakan rapat terpisah di ruang kerja kepala sekolah, untuk pembentukan pengurus secara formatur.


Dari rapat sekitar 10 menit didapatkan mufakat, Ketua komite dijabat Hendra Yani, Wakil Ketua oleh Jon Afrizal, Sekretaris, Aiga Putra, Wakil Sekretaris Muhammad Arif Dt Bijo, dan Bendahara dijabat Ajisman. Selanjutnya yang lain jadi anggota kepengurusan komite SMPN 1 Payakumbuh.


Eviandi Ibrahim, selaku pengurus lama mengucapkan selamat kepada pengurus baru. Dirinya berpesan agar pengurus bisa menjaga soliditas, dan koordinasi.


"Selamat untuk pengurus baru. Ini hebat dan lebih mapan dibanding kami. Dimana masa itu dipergulirkan. Setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya. Estafet harus dilanjutkan. Mohon maaf, jika saya bersalah selama ini, jika ada yang kecewa, saat ini saya sampaikan ungkapan maaf. Selanjutnya, kita tunggu SKnya,"ucap Eviandi Ibrahim.


Gayung bersambut, Hendra Yani mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan wali murid kepada 13 pengurus komite baru. Dirinya berharap bimbingan dan penunjuk dari pengurus lama.


"Mohon bimbingan dan arahan dari senior. Tunjuki kami jika kami salah jalan. Dan supor kami untuk kebaikan mutu dan prestasi SMPN Payakumbuh yang kita cintai,"pungkasnya.


Ucapan selamat kepada pengurus komite periode 2022-2025 diawali langsung oleh Kepala SMPN 1 Payakumbuh dan dilanjutkan peserta rapat. (014)

Posting Komentar

0 Komentar