Penyuluhan Eco-Enzyme, Kolaborasi Ecoby dengan KKN Tematik Biologi 2022.

IMPIANNEWS.COM

Padang— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik jurusan Biologi Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan penyuluhan pembuatan Eco-Enzyme yang merupakan salah program kerja KKN Tematik Biologi 2022, di MDTA Al-Huda Jorong Baruah, Kanagarian Padang Tarok, Kec. Baso, Kabupaten Agam, (27/1)

Eco-Enzym adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air dengan perbandingan 3 : 1 : 10. 

"Kegiatan ini sangat bagus. Dari segi pemberdayaan kelompok tani, bisa memberikan dampak yang sangat positif", kata Awalil Fajri, Sekretaris Nagari Padang Tarok. 

Yogi Saputra selaku ketua tim KKN menyampaikan, “Dalam kegiatan ini, kami juga bekerjasama dengan kelompok tani super Jorong Baruah dan tim Ecoby UNP, dimana tim Ecoby dibina langsung oleh dosen biologi UNP diantaranya Dr. Dwi Hilda Putri, M.Biomed dan Siska Alicia Farma, S.Pd, M. Biomed. Penyuluhan Eco-Enzyme ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Syahrul Ramadhanil, Tim Ecoby Ecoenzym UNP dan Bapak Jafrinal, Pakar penyuluh pertanian Padang Tarok. 

Dari pemaparan kedua pemateri, dapat disimpulkan bahwa Ecoenzym memiliki banyak manfaat. Terlebih disaat pandemi ini ecoenzym dapat dimanfaatkan menjadi handsanitizer dan disinfektan alami. Rangkaian acara ini juga diikuti dengan praktek pembuatan Eco-Enzyme yang dipandu langsung oleh tim Ecoby.( Er/Humas UNP) 

Posting Komentar

0 Komentar