Guru Besar ITB Berceramah Dalam Subuh Mubarokah di FMIPA UNP

IMPIANNEWS.COM

Padang---- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA-UNP), kembali menggelar kegiatan Subuh Mubarokah secara daring melalui zoom meeting, Jumat, (28/1). Pada kesempatan sebagai tuan rumah ini, panitia menghadirkan secara daring al-Ustadz Prof. Wahyu Srigutomo, Ph.D yang merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Elektromagnetik Kebumian FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam kegiatan ceramah yang dimoderatori oleh Drs. Ardi, M.Si, Dosen Jurusan Biologi ini, mengangkat Judul “ Catatan Kecil tentang Islam dan IPTEK” .

Dalam siraman rohaninya Prof. Wahyu Srigutomo mengatakan “Secara ideal, elaborasi makna, pesan dan isyarat-isyarat Al-Quran terkait sains yang secara simultan dilakukan bersamaan dengan aktivitas ilmiah berupa observasi dan sintesa ilmu pengetahuan akan memperkuat kualitas hidup baik secara spiritual (taqwa, taqarrub ilallah) maupun material (manfaat ilmu pengetahuan yang mendasari teknologi yang meningkatkan level kesejahteraan manusia). Al-Quran tidak dimaksudkan sebagai buku sains yang detail, namun ia mengandung banyak rujukan fakta ilmiah dalam perspektif rencana ilahi, memperlihatkan bagaimana semesta yang Ia pelihara bekerja dan menegaskan ke Mahatahuan Allah SWT sebagai Pencipta Terdapat sekitar 1200 ayat yang terkait dengan berbagai fenomena sains yakni 20 Persen dari jumlah total ayat (6236) Al Quran dan Sekitar 70 ayat memuji Sains dan Saintis (ulama), menyemangati mereka untuk terlibat dalam memahami semesta untuk kebaikan manusia, papar Dosen yang aktif membina dan mengkaderisasi YPM Salam ITB ini.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyatakan “Sangat berterimaksih kepada Prof. Wahyu yang telah berkenan memberikan illmunya pada kami di UNP dan kami terkesan sekali dengan pemaparan dari pengajian ini, yang membukakan semangat kita untuk mempelajari terus Al-Quran dengan kekuatan sains karena ternyata banyak lagi yang belum diungkap oleh manusia tentang kedalaman kandungan Al-Quran, sehingga Islam semakin menjadi agama yang rahmatan lil’alamin”

Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli Amir, M.Si, ketika dihubungi via Whatsapp menyatakan “ Alhamdulillah kegiatan Subuh Mubarokah di FMIPA berjalan lancar, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan Insyaallah di lain waktu kita akan komit juga dengan kajian-kajian sains dan Islam, misalnya melalui kegiatan ini. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan, Senat Akademik, Fakultas selingkungan UNP, para dosen dan tendik serta mahasiswa, kegiatan ini berlangsung setelah pelaksanaan shalat Subuh (Er/ Humas UNP).

Posting Komentar

0 Komentar