Laboratorium Terpadu UNP Bersiap Menjadi Laboratorium Terakreditasi Internasional ISO/IEC 17025:2017

Impiannews.com

Padang -- Pusat Pengembangan Laboratorium Terpadu UNP mengadakan pelatihan ISO/IEC 17025:2017 tentang Sistem Manajemen Laboratorium dan Ketulusuran Hasil Uji bagi Tim Pengelola Lab Terpadu UNP yang terdiri dari 35 orang Dosen Penyelia dan Laboran. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari dikampus IV UNP Limau Manis dengan 2 orang narasumber dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). 

Andril Arafat Ph.D  sebagai Kepala Pusat Pengembangan Laboratorium Terpadu UNP menjelaskan bahwa kegiatan ini  sebagai persiapan dalam menghadapi Audit Eksternal oleh Asesor dari Komite Akreditasi nasional (KAN) yang direncanakan  pada akhir tahun ini.

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Riau, Juanda Reputra turut hadir menyampaikan materi tentang sistem manajemen laboratorium dan juga menyatakan  bahwa saat ini belum ada laboratorium perguruan tinggi di wilayah Sumatera Barat yang terakreditasi ISO/IEC 17025:2017. Laboratorium Terpadu UNP diharapkan bisa menjadi yang pertama dengan mengoptimalkan sumber daya peralatan dan manusia yang dimiliki. Untuk memastikan validitas hasil uji, Ahmad Hidayat dari BSN memberikan penjelasan secara teknis dan memastikan proses pengujian sudah mengikuti kaedah ISO/IEC 17025:2017. 

Selain itu Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri Ph.D  menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan Laboratorium Terpadu UNP dalam rangka meraih akreditasi ISO/IEC 17025:2017 dan beliau berharap Laboratorium Terpadu UNP dapat memberikan layanan pengujian bagi masyarakat dengan standar layanan yang professional dan hasil yang valid. Setelah adanya kegiatan pelatihan ini, Laboratorium Terpadu UNP terus berbenah untuk meningkatkan kesiapan menjelang Audit Eksternal oleh pihak Komite Akreditasi Nasional (KAN) (LT UNP/Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar