Serangan Meningkat, Kelompok Afiliasi ISIS Targetkan Minoritas Agama

IMPIANNEWS.COM

Iran Timur Laut - Human Right Witch mengumumkan negara Islam Provinsi Khorasan (ISKP) yang merupakan suatu kelompok afiliasi ISIS telah meningkatkan serangan terhadap minoritas agama di Afghanistan pada Senin (24/10/21).

ISKP mengakui bertanggung jawab atas serangan dan pengeboman dengan target minoritas agama Syiah yang telah memakan korban ratusan di Afghanistan. Seperti yang  telah terjadi sebelumnya, ISKP menargetkan Masjid untuk dilakukan bom bunuh diri pada 15 dan 18 Oktober lalu yang telah memakan korban sebanyak 135 orang, serta pengeboman di Bandara Kabul yang menewaskan 170 warga Afghanistan pada 29 Agustus lalu.

Tercatat juga teror dan kejahatan yang dilakukan kelompok ISKP pada 9 Juni yang telah membunuh 10 pekerja dalam bidang kemanusian. Kejahatan - kejahatan yang dilakukan oleh kelompok ini, telah diberikan sanksi oleh PBB pada tahun 2019 dengan larangan embargo senjata, berpergian, dan pembekuan aset bagi anggota kelompok tersebut.

Namun, Akhir-akhir ini serangan kelompok ISKP meningkat yang menargetkan warga sipil diantaranya jurnalis, petugas kesehatan, aktivis, dan terutama pada minoritas agama.

“Serangan mengerikan ISKP terhadap warga sipil belum mereda sejak Taliban mengambil alih Afghanistan dan tampaknya meningkat,” ujar Gossman dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya, Taliban perlu segara untuk mencari langkah dalam melindungi perkumpulan agama minoritas dari berbagai serangan di Afghanistan. (**)


Posting Komentar

0 Komentar