Pengelolaan Keuangan Minimarket Cupak

Oleh: Masyitoh Gusrahman/Ferdinal
- Civitas Acamedica Unand

IMPIANNEWS.COM
Sumatera Barat - Pengelolaan keuangan minimarket berupa perencanaan dan pengendalian kegiatan keuangan dalam proses jual beli dengan baik adalah kunci keberhasilan minimarket Cupak sehingga dapat mengembangkan usahanya ini dengan membuka cabang yang lain.

Minimarket yang berdiri dari 2004 ini masih tetap bertahan ditengah pandemi dikarenakan usaha untuk mempertahankan penjualan perhari dengan meningkatkan pelayanan kepada customer. Dengan pemasukan 300 juta rupiah perbulan minimarket di Cupak dapat membayar gaji beberapa karyawannya dengan lancar, ini dikarenakan kemampuan manajemen yang baik dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran yang ada.

Minimarket cupak yang mempunyai karyawan 4-6 ini dapat menggaji karyawannya 850.000-1.650.000 berdasarkan kinerja dan lamanya waktu kerja. Karyawan yang jujur,disiplin, bertanggung jawab dan kemampuan manajemen yang membuat minimarket ini berkembang dengan pesat yang akhirnya bisa membuka cabang di daerah yang lain hingga pemasukan mencapai 1 M .

"Semenjak adanya pandemi pemasukan minimarket berkurang dikarenakan banyak masyarakat yang berdiam diri dirumah  dan akhirnya banyak mendirikan toko kebutuhan rumah tangga, yang membuat saingan minimarket semakin banyak tetapi pembeli tetap. Tapi dengan berkat pelayanan yang baik, penetapan harga yang tepat, serta barang yang lengkap dan manajemen yang baik minimarket ini tetap stabil ditengah pandemi” Ucap sherly  karyawan minimarket tersebut.

Sofia sang pemilik minimarket, juga membagikan sedikit kiat untuk dapat mengatur usaha. "Pisahkan keuangan usaha & pribadi jangan mencampurnya, membuat rencana penggunaan uang, membuat catatan keuangan, mengelola piutang dengan benar, hindari terlalu banyak berutang, sisihkan kas untuk dana darurat dan sosial, lakukan pengawasan secara teratur, jika bisa mengendalikannya maka kestabilan keuangan akan aman," ungkap dia.

Jika manajemen keuangannya lancar dapat dipastikan minimarket dapat bertahan lama,sementara jika pengelolaan keuangan kacau dan banyak masalah minimarket dapat mengalami kebangkrutan.

Minimarket ini menyajikan semua kebutuhan rumah tangga sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkannya dan juga pelayanannya yang baik.  “Kami berusaha sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik dan menyediakan stok barang yang lengkap untuk kenyamanan pembeli “ ucap sherly  karyawan minimarket tersebut. Membuat pengelolaan keuangan yang tepat sehingga membuat minimarket ini mencapai keuntungan dan keputusan yang baik.(MG/F)

Posting Komentar

0 Komentar