Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Bendera Merah Putih Tak Berkibar

FOTO/DOK.badmintontalk

Jakarta - Kemenangan Jonathan yang membawa hasil akhir Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2020, warganet digegerkan dalam perayaan kemenangan karena bendera merah putih tidak berkibar, yang berkibar di podium hanya bendera bertulisan PBSI yang berkibar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Ahad, (17/10/2021).

Pengibaran bendera merah putih tidak diadakan karena Indonesia dikenakan sanksi yang dijatuhkan World Anti-Doping Agency (WADA) kepada Lembaga Antidoping Indonesia (LADI). Akibat pelanggaran itu membuat bendera merah putih tidak bisa dikibarkan selama di podium Piala Thomas 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin menanggapi insiden ini. Menurut nya sanksi tersebut masih dalam masa klarifikasi tidak seharusnya lansung diterapkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

"BWF mengambil keputusan sendiri, dia langsung menerapkan sanksi itu padahal masih masa klarifikasi," Ucap Zainuddin.

Menpora juga menjelaskan pihaknya sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada WADA untuk mengklarifikasi alasan Indonesia tidak mematuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan 2021.

Zainudin Amali juga menjelaskan dalam surat klarifikasi untuk sampel TDP 2020 terkendala karena dalam masa pandemi yang membuat seluruh kompetisi olahraga terhenti sehingga tidak memungkinkan untuk hal pengambilan sampel. (*)

Posting Komentar

0 Komentar