Nasihat Menulis dari O, Henry; Penulis Cerpen Termasyhur Amerika

Photo: Bettmann/Getty Images

Oleh: Ilham Hidayatullah
(Civitas Academica Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Menulis kerap kali menjadi momok menakutkan bagi beberapa orang. Namun kegiatan ini apabila dinikmati prosesnya akan memberikan kesenangn bagi para pengiatnya. Terlebih lagi bagi siapa saja yang tertarik dan bergelut di dunia sastra, menulis adalah suatu hal yang kiranya penting untuk dikuasai. Dari dunia sastra sendiri banyak tokoh tokoh yang dapat diambil ilmunya dalam menulis suatu karya sastra, salah satunya O. Henry penulis cerpen termasyhur Amerika.

William Sydney Porter atau yang biasa dikenal dengan nama pena O. Henry merupakan penulis Amerika yang sangat luar biasa dan terkenal dangan cerita pendeknya yang memberikan kejutan yang menakjubkan di akhir ceritanya. Bagi kita yang sudah membaca cerpen karya O Henry tentu sangat menikmati kejutan yang diberikan dalam setiap ceritanya. Salah satu cerpen O. Henry berjudul “The Gift of the Magi” menawarkan pembaca hal ironis dalam kehidupan. Cerpen karya O Henry pun tidak luput dari makna kehidupan.  

Ternyata dalam hal menulis tidak banyak kiat kiat yang dilakukan O. Henry dalam menghasilkan cerita yang luar biasa tersebut. Dalam wawancaranya bersama wartawan Majalah New York Times pada 4 April 1909 yang juga merupakan wawancara pertama dan satu satunya yang pernah dilakukan O. Henry, Dia memberikan nasihat kepenulisan untuk para penulis muda. Nasihat tersebut juga merupakan rahasia dan kunci dalam menulis suatu cerita pendek namun juga bisa diterapkan dalam menulis hal lainnya. Menurutnya, kunci utama dalam menulis adalah tulislah cerita yang membuat diri sendiri senang. 

“Aturan pertama: Tulislah cerita yang membuat dirimu senang. Jika kamu tidak bisa menulis cerita yang menyenangkan dirimu maka kamu tidak akan pernah menyenangkan publik. Tapi dalam menulis cerita tersebut lupakan tentang publik dahulu” ungkap O. Henry kepada wartawan Times.

Nasihat tersebut juga merupakan kunci kesuksesan O Henry dalam menulis cerita-ceritanya. Terbukti banyak cerpen yang luar biasa seperti The Gift of the Magi (1906) yang sudah dibahas diatas, The Last Leaf (1907) yang menyiratkan akan harapan hidup dan masih banyak lainnya. Karena pengaruhnya yang besar dalam dunia sastra terutama dalam dunia cerpen, namanya diabadikan dalam O. Henry Award yang merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada cerpen cerpen yang luar biasa.  

Bukan hanya itu sebenarnya, nasihat tersebut juga dapat diterapkan dalam setiap aktivitas kita. Mulailah untuk melakukan sesuatu kegiatan yang membuat diri kita senang maka kita akan menikmati setiap proses di kegiatan tersebut seperti contoh dalam menulis. Menulis sesuatu yang disenangi dapat membuat diri lebih bersemangat sehingga muncul ide ide dalam menulis cerita tersebut. Kita pun juga dapat menikmati cerita-cerita yang telah dituliskan tersebut. 

Penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat pula. Nasihat tersebut akan lebih efektif apabila minat membaca kita tumbuh, karena menulis ada illmunya. Dengan banyak membaca kita dapat belajar dari apa yang kita baca tersebut. Dalam hal ini, karya karya O. Henry merupakan rujukan yang apik dalam belajar menulis dan juga untuk mempertajam gaya narasi dan daya imajinasi.   

Tentu kisah kepenulisan O Henry pasti menemui lika liku nya sendiri namun dengan rahasia dan kunci kesuksesan kepenulisan O Henry tentang “menulis sesuatu yang membuat diri senang” membuat sang penulis menikmati setiap proses dalam dirinya menulis cerita-cerita yang luar biasa. Nasihat ini sangat dianjurkan untuk dipraktikkan untuk membuat diri lebih semangat dan menikmati proses menulis.

Posting Komentar

0 Komentar