Kinerja Proses Penggilingan Padi di Kilang Padi Rizky

Oleh: Muhammad Dzakki

IMPIANNEWS.COM

Sumatera Barat - Kilang padi Rizky merupakan salah satu tempat pengolahan padi menjadi beras di desa koto hilalang.Kilang padi ini berada di jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh tepatnya di Simpang Galanggang sebelum Mushalla Padang Jariang di Desa Koto Hilalang, dimana kilang padi ini didirikan oleh pak Nuar. Pak Nuar adalah sosok yang dikenal gigih dan disiplin dalam bekerja oleh masyarakat Koto Hilalang.

“Masyarakat saat ini hidup di tengah perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang sangat pesat, dimana seluruh masyarakat dimanjakan oleh kemajuan zaman sehingga kegiatan-kegiatan tradisional seperti  proses penggilingan padi menjadi beras  di kilang padi yang hasilnya kita nikmati sebagai makanan pokok sudah dilupakan dan digantikan oleh kegiatan-kegiatan modern  yang serba mengandalkan teknologi” ujar pak Nuar yang merupakan pendiri kilang padi Rizky di desa Koto Hilalang.

Menurut Rizky sebagai masyarakat Sumatera Barat penting bagi generasi-generasi milenial zaman sekarang untuk mengetahui proses pengolahan padi menjadi beras di kilang padi, karna sebagian besar masyarakat Sumatera Barat bermata pencarian sebagai petani, sehingga tidaklah wajar bagi generasi Milenial Sumatera Barat tidak mengetahui proses pengolahan padi menjadi beras di kilang padi. Ini merupakan alasan tersendiri bagi saya untuk menulis artikel tentang proses pengelolaan padi menjadi beras di kilang padi desa Koto Hilalang.

Salah satu cara untuk mengembalikan ingatan masyarakat akan pentingnya mengetahui proses pengelolaan penggilingan padi menjadi beras di kilang padi ini adalah dengan cara menghidupkan kembali kilang-kilang padi dengan memantapkan kualitas gilingan yang dihasilkan sehingga para masyarakat kembali tertarik untuk mengetahui proses penggilingan padi menjadi beras di kilang padi tersebut, ujar pak Nuar.

Dalam melakukan aktivitas pengolahan padi menjadi beras di kilang padi Rizki, Pak Nuar melakukannya dengan beberapa proses, yaitu diawali dengan proses melakukan pencarian persediaan padi.

Mencari persediaan padi pak Nuar melakukannya dengan cara mengelilingi desa Koto Hilalang menggunakan mobil khusus untuk membawa persediaan beras. Setelah mendapatkan beras proses selanjutnya, adalah tahap proses penjemuran padi.

Pada saat proses penjemuran ini biasanya memakan waktu berkisar sekitar dua atau tiga hari tergantung kondisi cuaca saat melakukan proses penjemuran, Setelah proses penjemuran padi dilakukan dengan sempurna maka tahap selanjutnya adalah proses penggilingan.

Proses penggilingan dilakukan oleh pak Nuar secara bertahap menggunakan mesin penggilingan agar kualitas beras yang dihasilkan menjadi bagus dan bersih. Selanjutnya dalam proses pengemasan padi yang telah menjadi beras. Pengemasan dilakukan menggunakan karung khusus untuk beras dimana isi satu karung itu beragam.

Kilang padi milik pak Nuar ini mulai dirintis pada tahun 2006, dimana pada tahun 2006 ini masih jarang terdapat kilang padi di desa koto hilalang. Hal ini dimanfaatkan oleh pak nuar mengingat lokasi rumah yang terletak di tempat yang strategis di sebrang jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh untuk mendirikan kilang padi, dan sekaligus mempromosikan kilang padi tersebut kepada masyarakat sekitar sehingga  usaha kilang padi pak Nuar  tersebut  sampai sekarang maju dan sudah dikenal oleh masyarakat Koto Hilalang.

Disamping menyediakan beras dengan kualitas yang bagus pak Nuar juga memanfaatkan dedak hasil gilingan padi sebagai penunjang pendapatannya.

“kita sebagai pemilik usaha kilang padi harus bisa memanfaatkan bahan yang di prosuksi semaksimal mungkin supaya bahan yang di produksi tidak ada yang terbuang sia-sia karna dedak padi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai bahan pangan unggas.” tutur Nuar.

Jika dilihat penyebab kemajuan kilang padi milik pak Nuar ini selain terkenal karna pelayanan dan kualitas gilingan, kilang padi ini juga terkenal dengan keramahan sang pemilik terhadap para pelanggannya.

"Tak heran kalau kilang padi milik pak Nuar ini selalu memiliki pelanggan, karna beliau sangat ramah ketika melayani pelanggannya sehingga para pelanggan merasa nyaman ketika menggiling padi mereka di kilang padi milik pak nuar” ujar Dayud  salah satu tetangga pak nuar.

“Pelayanan dan kenyamanan pelanggan adalah kunci  dari kemajuan usaha kilang padi ini” ujar istri pak Nuar. Selain itu kesuksesan pak nuar mengambil hati para pelanggan bermodalkan pelayanan dan kenyamanan Serta kualitas gilingan  beras yang bagus juga menjadi penunjang kesuksesan kilang padi milik pak nuar ini dibandingkan dengan kilang padi lainnya. 

Meskipun sudah mengalami kemajuan terhadap usahanya pak nuar tetap ingin melakukan inovasi dan efisiensi terhadap usaha yang dijalankannya dengan harapan usaha kilang padi ini menjadi lebih berkembang untuk masa yang akan datang dan mampu bersaing dengan usaha kilang padi lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar