Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Siap Hadirkan 1000 Peserta Vaksin di Sumbar Sadar Vaksin

 

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, - Sehubungan dengan Gerakan Sumbar Sadar Vaksin  tingkat Kota Payakumbuh yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2021 yang berpusat di GOR Kubu Gadang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh siap mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut. 


Pada kegiatan ini, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh siap menghadirkan 1.000 orang peserta untuk divaksin yang berumur 12 tahun keatas yang berasal dari siswa SD dan SMP Negeri dan Swasta se Kota Payakumbuh, Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta Walimurid. 1000 calon peserta ini berarti sama dengan 25 % dari target Pemko Payakumbuh yakni 4.000 calon peserta.Sisanya dihadirkan oleh beberapa OPD lainnya.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, DR. Dasril, S. Pd, M. Pd menegaskan bahwa Pelaksanaan Gebyar “Sumbar Sadar Vaksin” yang dihelat serentak diseluruh kabupaten/kota se Sumatera Barat, khusus di Payakumbuh merupakan puncak dari Gebyar Vaksinasi Sapu Jagad yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh semenjak tanggal 11 Oktober 2021. 


Kegiatan Gebyar” Sumbar Sadar Vaksin”  di GOR M.Yamin Kubu Gadang diikuti oleh 6 Tim Vaksinator yang mana 5 Tim khusus melayani peserta dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan 1 tim lagi untuk masyarakat umum disekitar Kecamatan Payakumbuh Timur. Sebanyak 1.O00 peserta vaksin dari keluarga besar Dinas Pendidikan akan hadir pada kegiatan tersebut yang akan didampingi oleh masing – masing kepala sekolah sesuai dengan hasil kesepakatan pelaksanaan rapat kepala sekolah se Kota Payakumbuh. 


Walaupun capain peserta vaksin dari kalangan pendidik dan tenaga kependidikan telah mencapai 93 % dan dari siswa SD dan SMP yang berusia 12 tahun keatas sudah divaksin sebanyak 70 % kita tetap memotivasi semua warga sekolah dibawah binaan Dinas Pendidikan tetap ikut divaksin. Kepada seluruh peserta sebelum mengikuti vaksinasi diwajibkan untuk sarapan pagi terlebih dahulu dan istirahat yang cukup pada malam harinya. 


Kegiatan tersebut diharapkan dapat diikuti oleh seluruh peserta yang telah terdaftar dan lapisan masyarakat khususnya Kecamatan Payakumbuh Timur  guna mencapai target vaksinasi sebesar 70 % sehingga terbentuk Herd Immunity masyarakat  di Kota Payakumbuh. 


Untuk mensukseskan kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin ini, Pemerintah Kota Payakumbuh menyediakan hadiah berupa doorprize dan paket sembako yang bersumber dari sumbangan berbagai pihak se Kota Payakumbuh yang peduli dengan kegiatan gebyar vaksin ini dan mendukung terciptanya Herd Immunity di Kota Payakumbuh. Doorprize utama berupa satu unit sepeda motor, mesin cuci, kipas angin, magic com dan juga masih banyak hadiah menarik lainnya, sedangkan paket sembako terdiri dari minyak, gula, dan yang lainnya.


Dinas Pendidikan beserta jajaran telah menyiapkan data calon peserta vaksin by name by address lengkap dengan NIK dan nomor Hand Phone masing – masing peserta vaksin. Kata Dasril didampingi Sekdisdik Joni S.Sos dan Kabid PTK Drs. Danil Defo M.MSi. 


Untuk menghindari terjadinya kerumunan dan bertumpuknya kehadiran peserta vaksin, peserta vaksinasi kedatangannya diatur sedemikian rupa dalam bentuk shif 1, 2 dan 3. Shif pertama dimulai pukul 08.00 WIB, shif kedua pukul 09.00 WIB dan shif ketiga pukul 10.00 WIB. 


Masing – masing tim vaksinator akan dibantu oleh 2 orang tenaga pendamping dari Dinas Pendidikan dalam mengawal dan pengadministrasian peserta. Mereka telah dibekali tugas dan fungsi serta data peserta vaksin sesuai dengan urutan dan kelompok tim vaksinator.


Pantauan di lokasi persiapan, Jum’at sore telah dilakukan persiapan lokasi dan gladi resik acara yang diikuti oleh unsur – unsur terkait serta mencheck kesiapan sarana dan prasarana pendukung kegiatan. Kepala Dinas Pendidikan DR. Dasril berharap Pembelajaran Tatap Muka bisa segera diizinkan seiring target vaksinasi warga sekolah 70 %  sudah bisa dicapai.


Diharapkan dengan koordinasi yang baik dan persiapan yang matang, tentunya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan lancar.(014)

Posting Komentar

0 Komentar