Capai Standar Tertinggi Opini WTP, Wako Hendri Septa Terima Penghargaan dari Menteri Keuangan

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa menerima penghargaan atas capaian standar tertinggi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Gubernur Sumatera Barat Senin, (25/10/2021).

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, untuk kedelapan kalinya atau tujuh kali berturut-turut Pemerintah Kota Padang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Dengan telah didapatkan Penghargaan tersebut diharapkan semua SKPD Pemerintah Kota Padang harus mampu mentaati aturan terkait dengan pengelolan keuangan daerah", tuturnya.

Di katakan Hendri Septa, Pemerintah Kota Padang terus berupaya bagaimana WTP ini bisa dipertahankan untuk tahun 2021 ini. sekiranya bisa dipertahankan tentu penghargaan tersebut diraih lagi oleh Pemerintah Kota Padang pada tahun 2022 nanti dan inilah yang diharapkan.

Dan saat ini saja kata Hendri Septa lagi, di Pemerintahan Kota Padang sudah mulai masuk BPK RI untuk melakukan pemeriksaan tahap awal. Tentu semua SKPD dapat membantu BPK dalam pemeriksaan tersebut supaya hasilnya lebih baik dari tahun sebelumnya", imbuhnya.

Selanjutnya Ditjen Kanwil Perbendaharan Provinsi Sumatera Barat Heru Pudyo Nugroho memberikan apresiasi kepada 17 Kabupaten Kota termasuk Pemerintah Kota Padang telah meraih sebanyak delapan kali WTP Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. 

Dengan keberhasilan ini, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Padang atas capaian opini WTP tahun 2020. 

"Opini WTP diperoleh dengan memenuhi empat kriteria. Pertama, kesesuaian standar akutansi pemerintah, kedua kecukupan dan ungkapan, ketiga kepatuhan dalam peraturan perundang-undangan dan keempat efektifitas sistim internal yang diberlakukan. Keempat kriteria itu semuanya harus ada," terang Heru.

Sebagai wujud nyata diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Keuangan kepada Pemerintah Kota Padang yang telah berhasil mencapai WTP sebanyak delapan kali", pungkasnya.

Ia menambahkan, Capaian WTP tahun 2020 merupakan prestasi yang membanggakan, mengingat APBD di semua daerah tahun 2020 mengalami situasi dan tantangan akibat refocusing anggaran untuk penanganan dampak Covid-19. (Zal/Prokompim Pdg)

Post a Comment

0 Comments