Xi Jinping Bertemu Dengan Sekjen PBB Antonio Gutteres Secara Virtual

IMPIANNEWS.COM

BEIJING - Presiden Xi Jinping telah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres secara virtual dalam rangka berjanji untuk meningkatkan koordinasi dengan PBB untuk bekerja pada tahap baru pembangunan global yang seimbang, terkoordinasi dan inklusif serta dalam memperingati kursi sah Republik Rakyat Tiongkok ke-50 di PBB.

Dalam pertemuan secara virtual tersebut Xi Jinping menyampaikan "hanya ada satu sistem, satu tatanan dan satu set aturan di dunia ini, dan semua negara harus bertindak dalam kerangka ini. Untuk negara-negara besar, mereka harus saling menghormati, hidup berdampingan secara damai dan bekerja untuk keuntungan bersama  yang bertujuan melayani kepentingan bersama di seluruh negara.

"China siap untuk meningkatkan koordinasi dengan PBB untuk membantu mengatasi kesulitan di negara-negara berkembang, bekerja untuk tahap baru pembangunan global yang seimbang, terkoordinasi dan inklusif, dan mempromosikan implementasi Inisiatif Pembangunan Global, mengatasi kesulitan pembangunan di negara-negara berkembang, dan membantu mengimplementasi Agenda Pembangunan Berkelankutan PBB 2030", ujar Xi Jinping.

Selain membahas hal pembangunan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan secara virtual tersebut, Xi Jinping menyoroti dampak yang terjadi dari pandemi Covid-19 yang berakibat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat menurun. Xi Jinping berharap kepada negara-negara besar untuk menunjukkan bahwa kita harus mementingkan dan menyelesaikan dampak dari pandemi Covid -19 ini.

Tak hanya itu, Xi Jinping juga mendesak untuk meningkatkan bantuan anti-pandemi ke negara-negara berkembang, serta distribusi vaksin yang adil dan wajar secara global untuk membantu membuat vaksin menjadi obat yang gampang dimiliki secara menyeluruh.

Xi Jinping mengungkapkan serta menekankan pengalaman penting dari 50 tahun kerjasama antara China dan PBB.  Berpegang teguh pada cita-cita PBB, tetap berkomitmen pada multilateralisme, dan dengan sungguh-sungguh berkontribusi pada perdamaian dan pembangunan dunia. 

"China siap bekerja dengan semua negara, bersatu di bawah bendera PBB, untuk membentuk komunitas masa depan bersama bagi kemanusiaan"ujar Xi Jinping.


Posting Komentar

0 Komentar