Mahasiswa baru lewat Jalur mandiri berkesempatan dapat beasiswa dan fasilitas lainnya yang ada di UNP.



 Impiannews.com ( Padang )

Universitas Negeri Padang ( UNP ) telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur seleksi Mandiri sejak 5 April sampai 18 Juni untuk S1 dan D4. Sedangkan untuk D3 telah dibuka sejak 12 April hingga 25 Juni 2021.

Kuota penerimaan mahasiswa baru untuk seleksi Mandiri adalah maksimum sebanyak 30 persen, dan  jalur SNMPTN maksimal sebanyak 30 persen, sedangkan jalur UTBK-SBMPTN 40 persen.

Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 yang dilakukan melalui sistem ujian masuk online dengan alamat website http://spmb.unp.ac.id/mandiri. Dan khusus untuk D3 bisa melalui http://spmb.unp.ac.id/d3.

Jumlah mahasiswa baru yang diterima UNP pada tahun ini untuk S1 dan D4 sebanyak 8.300 mahasiswa, untuk D3 sebanyak 1000 dan untuk Pascasarjana sebanyak 1000 orang.

UNP juga tengah membuka penerimaan mahasiswa baru D3 untuk Program Studi di luar Kampus Utama (PSDU) di Sawahlunto untuk jurusan Teknik Pertambangan, dan Teknik Otomotif. Dan juga di Painan akan dibuka untuk program studi Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

Pengumuman hasil seleksi Mandiri akan diumumkan pada 21 Juni untuk S1 dan D4, dan untuk D3 diumumkan  pada 28 Juni 2021.

Rektor UNP  Prof. Ganefri P.hD. memaparkan, mahasiswa baru yang diterima baik melalui jalur seleksi Mandiri akan memperoleh beasiswa  dan kewajiban yang sama, mereka sama-sama berhak dapat beasiswa dan fasilitas apa saja yang ada di UNP ini," ucap Rektor UNP saat jumpa pers, Sabtu 1 Mei 2021.

Lebih lanjut Ganefri mengatakan, selama ini masih ada calon mahasiswa yang ragu untuk mendaftar di jalur Mandiri karena, takut tidak dapat beasiswa atau fasilitas lainnya, padahal mahasiswa di UNP ini tetap berkesempatan menerima beasiswa dan mendapatkan fasilitas yang sama," ujarnya

Ganefri menambahkan, yang membedakan hanya  jalur seleksinya saja, jika SNMPTN itu nsional yang menilai, dan UTBK diseleksi oleh sistem, sedangkan jalur Mandiri dilaksanakan oleh UNP," pungkasnya ( Ay )

Post a Comment

0 Comments