IKPK Kota Batam Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa


IMPIANNEWS.COM

BATAM - Ikatan Keluarga Padang Kota (IKPK) Kota Batam menggelar acara buka puasa bersama sekaligus memberikan santunan kepada puluhan anak yatim dan kaum dhuafa.

Buka puasa dan santunan anak yatim tersebut dilaksanakan di Sekretariat IKPK yang berlokasi di Pertokoan Botania 2 Blok B 16 nomor 7 Batam Center, Minggu (2/5/2021) malam.

Ketua Umum IKPK Kota Batam, H. Alfian mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh masyarakat asal Padang Kota, Sumatera Barat yang ada di Batam atas partisipasinya menghadiri kegiatan ini.

Dia mengatakan, meski saat ini situasinya masih dalam pandemi Covid-19, namun pihaknya tetap selalu menghimbau untuk selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat asal Padang Kota, atas kehadirannya di acara ini. Untuk kebaikan kita bersama, jangan lupa patuhi terus 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan selalu Menjaga Jarak," ungkap Alfian kepada media usai acara.

Dijelaskannya, ini merupakan kegiatan rutin tahunan pihaknya setiap bulan Ramadan tiba. Tujuannya untuk menjalin tali silaturahmi antar warga asal Padang Kota yang ada di Batam.

"Alhamdulillah, tahun ini kita bisa kembali melaksanakannya. Semoga dengan adanya kegiatan ini rasa kekeluargaan sesama perantau semakin terjaga," harapnya.

Senada, Ketua Panitia Pelaksana, Dedi Tyawarman mengatakan tahun ini pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 136 paket sembako untuk kaum dhuafa, dan sebanyak 75 santunan untuk anak-anak yatim. 

"Adapun paket sembako yang akan didistribusikan kepada 11 IKA. Nantinya, setiap IKA dan juga Satgas IKPK akan mendapatkan masing-masing 10 paket yang telah didaftarkan kepada panitia," jelasnya.

Tak lupa ucapan terima kasih juga dia sampaikan kepada para donatur-donatur yang telah berkenan memberikan bantuannya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

Diakhir kegiatan, tausiah menjelang berbuka yang dibawakan oleh penceramah mengajak jamaah yang hadir untuk memberikan perhatian dan kasih sayang pada anak yatim piatu.

"Perintah memberi makan yatim piatu dan orang yang tidak mampu terdapat dalam surat Al Maun ayat 1-3. Dalam surat itu disebut orang yang mendustakan agama adalam orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan orang miskin," imbuhnya.

Menurutnya, dengan berbuka puasa bersama anak yatim berarti sudah menunjukkan kasih sayang kepada sesama. Perilaku ini bernilai pahala yang besar karena berbuat baik kepada anak yatim bahkan hanya dengan mengusap kepala mereka juga diberi pahala oleh Allah.

"Buka puasa bersama anak yatim piatu adalah wujud dari kasih sayang. Membahagiakan serta menyenangkan mereka adalah suatu perilaku yang terpuji," katanya.

Kegiatan ini juga bentuk rasa syukur terhadap nikmat yang sudah diberikan oleh Allah.

Allah juga menjanjikan banyak keutamaan bagi orang yang berbagi dengan anak yatim dan orang yang tidak mampu. Mulai dari menghapus dosa, naungan di hari akhir, keberkahan pada harta, terbebas dari siksa kubur, dan menjauhkan diri dari api neraka. ( Ef ).

Posting Komentar

0 Komentar