Hakimal, Tuna Daksa Yang Hafidz 30 Juz

.
IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, -- Diantara berbagai kekurangan yang terdapat pada diri seseorang, tampa disadari ternyata juga menyimpan kelebihan. Terkait dengan anak bangsa khususnya di Kota Bukittinggi yang menyandang disabilitas dari kasat mata kita melihat sebagai seorang yang tidak sempurna,  namun siapa sangka diantara anak penyandang Disabilitas  yang ada di Kota Bukittinggi ini terdapat seorang putra tunggal dari ayah dan bundanya memiliki kelebihan yang luar biasa.

Hakimal begitu sapaan akrabnya sebagai seorang penyandang tuna daksa mampu menghafal Al Qur'an 30 juz.  Anak berkebutuhan khusus ini yang sehari hari belajar di SLB Al Ikhlas Garegeh Kota Bukittinggi manpu menampilkan kemampuannya terbaiknya ditengah sekian banyaknya siswa yang mengikuti acara Syahadah Tahfizh di MTSN 1 Bukittinggi Kamis (08/04).

Tampilnya Hakimal sebagai penyandang Disabilitas  dalam rangka untuk memperkenalkan diri sekaligus memotivasi membangkitkan semangat untuk terus selalu membaca dan menghafal Al Qur'an. Tampilan Hakimal di acara itu mampu membuat semua yang hadir menjadi heran dan berucap " Subhanallah". Karena beberapa pertanyaan soal Tahfizh yang di berikan oleh pejabat, Wali murid dan guru madrasah untuk menyambung potongan ayat yang di tawarkan bisa di jawab oleh Hakimal. 

Tentunya kualitas bacaan Hakimal berbeda dengan anak normal dalam mengucapkan huruf demi huruf Al Quran karena Hakimal anak Autis penyandang Disabilitas. Hakimal tidak hanya mampu melanjutkan ayat yang di tawarkan oleh pemberi soal, namun Hakimal juga bisa jawab ayat dan surat apa yang sedang di baca itu. Bahkan berapa jumlah ayat dan apa arti nama surat yang sedang di baca.

Rusman Edi, S.Ag. M.Pd selaku penyuluh Agama Kota Bukittinggi yang di tugaskan Kepala Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk memberikan bimbingan di SLB Al Ikhlas sebagai pembina dan pembimbing  termasuk Hakimal mengakui bahwa bila kita bacakan sepotong ayat dengan lagu tertentu Hakimal juga bisa jawab lagu yang sedang di lantunkan itu.

“Alhamdulillah,  Luar biasa,  Allah Maha Agung yang telah memberikan Rahmat dan karuniaNya berupa kelebihan kelebihan di berikan kepada seorang hamba-nya khusus terhadap anak didik kami Hakimal,” tuturnya. 

Kalimat pujian dan sanjungan terucap dari berbagai yang hadir di acara Syahadah Tahfizh itu. Selesai Hakimal mendemonstrasikan kemampuannya tepuk tangan dari semua yang hadir membuat suasana bergemuruh dengan sanjungan pengunjung. 

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasi Bimas Islam H. Zufakhri dan Kasi Pendidikan Madrasah H. Gazali berharap agar tampilan Hakimal bisa membuat semua yang hadir khususnya terus bersemangat dalam memahami Al-Qur’an. “Untuk Hakimal seorang anak Autis, Rasa salut dan luar biasa. Semoga moment ini menjadi moment inspiratif bagi kita semua baik bagi anak, orang tua dan kita semua. Tentunya berbagai kelebihan Hakimal menggugah jiwa kita. Mari kita tingkatkan kepedulian kita kepada masyarakat penyandang Disabilitas dalam bentuk dukungan dan kepedulian untuk penyandang Disabilitas.  Semoga kedepan akan muncul Hakimal Hakimal yang lain dengan berbagai kelebihan dan potensi masing masing.

Seturunnya Hakimal dari pentas acara berbagai kalangan menyalami Hakimal sembari berkata: Hebat! Luar biasa. Sehingga secara spontan diantara yang hadir banyak yang menyelipkan sedikit uang kertas 100.000, 50.000.(re/014)

Posting Komentar

0 Komentar