Seratusan Siswa SD Ikuti ATP VII MTSN 2 Payakumbuh

Suasana ATP VII MTSN 2 Payakumbuh 

IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, --- Sebanyak 188 siswa SD sederajat dari Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota) hadir di MTSN 2 Payakumbuh untuk berkompetisi bidang akademis melalui Computer Best Test (CBT) bidang studi Pendidikan Agama Islam dan MIPA di Ajang Temu Prestasi VII Tahun 2021.


Sebelum pelaksanaan ATP, kepala MTSN 2 Payakumbuh, Yenni Fitri dibantu Waka Siswa, Delfitra dan panitia ATP sudah mendistribusikan langsung undangan lomba tersebut. Berhubung masa pandemi, pendaftaran peserta lomba dilaksanakan secara online melalui Link yang sudah disiapkan operator. Pendaftaran lomba ditutup resmi hari Senin (22/03/2021). Seratusan pendaftar sudah menerima balasan berupa nomor lomba melalui email android calon peserta. 


Namun, sebagian lainnya mengeluh akibat tidak mendapatkan nomor tes. Akibatnya, wali murid beserta anaknya mendatangi sekretariat ATP VII MTSN 2 Payakumbuh. Kedatangan mereka adalah untuk menjemput nomor uji. 


Diakui Zal, salah seorang guru pendamping dari salah satu SDN di Payakumbuh Utara. 


"Belasan siswa kami sudah mendapat balasan email, yakni berupa nomor uji. Namun, di kertas tersebut tidak tertera waktu ujian. Maksudnya, pukul berapa mereka mengikuti tes. Itulah sebabnya kamiendampingi mereka ke madrasah. Sekarang semuanya sudah Ok. Ada 3 variasi waktu uji untuk anak Kami,"terang Zal. 



Untuk pelayanan ini, Yenni Fitri memerintahkan operator untuk membantu menuntaskan keluhan tersebut. Berhubung  ATP VII yang diikuti 188 siswa tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/03/2021) pukul 08.00 pagi. 


"ATP Kita laksanakan 3 shif. Kita maklum keluhan walimurid dan peserta lomba. Karena sebagian daerah kita masih ada yang kurang sinyal. Sebagian dari mereka ada yang belum paham terkait IT. Balasan berupa nomor uji, operator sudah dikirim, biasanya di kotak masuk atau spam di email pribadi peserta. Kita maklumi kondisi ini. Itu makanya kita fasilitasi peserta. Intinya, seluruh peserta kita fasilitasi, sehingga kehadiran mereka tidak sia-sia dan kecewa,"terang Yenni Fitri usai membuka ATP shif satu, Selasa (23/03/2021) pagi di labor komputer. 


Dikatakan Yenni, di ATP VII tahun 2021 ini hanya diisi lomba akademis. Sebelumnya, ATP diisi juga lomba talenta (non akademis). 


"Kita hindari penumpukan warga, sehingga kita hanya laksanakan ATP akademis saja. Yakni untuk mapel PAI 40%, Matematika 30% dan IPA 30%. Kita sediakan waktu 2 jam untuk 100 butir soal uji. Uji kita laksanakan di labor komputer. Satu anak satu komputer. Jarak kita atur 1 meter. Di labor kita tempatkan 2 operator dibantu OSIM. Yang boleh masuk pekarangan madrasah hanya peserta lomba, pengantar dan pendamping tidak kita izinkan masuk lokasi. Mohon maaf, ini sengaja kita terapkan agar tidak terjadi kluster covid-19,"terang Yenni lagi, dan diamini Kaur TU, Murda Ayudi. 


Pemuncak diundang jadi PDB

Usai dibuka kepala madrasah, sekitar pukul 08.00 pagi peserta lomba shif I memasuki 3 labor yang dipakai untuk lomba ATP bidang studi. Satu labor sudah di standby 25 Komputer yang sudah on. 


Usai mengisi absen hadir, peserta ATP mendapatkan pengarahan dari panitia. Kesempatan itu, panitia menyerahkan password dan pin masuk untuk ujian. Bagi peserta yang kurang bisa mengakses link soal, dibantu pengurus OSIM. 


Hal tersebut juga diterapkan sama untuk peserta shif II (pukul 10.00) dan shif III (siap Dzuhur). Penyemprotan disinfektan pun dilaksanakan panitia setiap usai shif. 


Terkait kaitan ATP dengan telah dimulainya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk madrasah tahun ajaran 2021/2022, Kepala MTSN 2 Payakumbuh saat dijumpai menerangkan bahwa PPDB serentak dimulai bulan Maret 2021, sesuai petunjuk dari Kementerian Agama RI. 


"Ya, ATP berkaitan juga dengan PPDB tahun ini. Tahun ini kita membuka peluang 5 rombel untuk PDB. Karena siswa kelas IX yang tamat tahun ini adalah 5 rombel. Para pemuncak ATP VII ini akan kita panggil sebagai siswa undangan. Selain itu, besok Rabu (24/03/2021) kita mulai PPDB jalur prestasi di sekolah,"jelas Yenni Fitri 


"Semua yang mendaftar tentu kita terima berkasnya. Perengkingan tentu kita laksanakan, juga. Sertifikat dan piagam prestasi calon PDB sangat mendukung. Tahap III, kita laksanakan PPDB jalur reguler, nantinya. Terkait calon PDB yang diterima di MTSN 2 Payakumbuh nanti kita umumkan terbuka di papan informasi,"pungkasnya.(014)

Posting Komentar

0 Komentar