Limbah Darah Pupuk Organik Cair SMK-SMAK Padang Nominasi empat besar di Lingkungan Kementerian Perindustrian RI

IMPIANNEWS.COM

Padang: SMK-SMAK Padang merupakan sekolah vokasi industri di bawah binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Keberadaan SMK SMAK Padang ini hanya ada satu di Pulau Sumatera tepatnya di Kota Padang Jalan Alai kecamatan Pauh V, Provinsi Sumatera Barat. 

SMK-SMAK Padang terus berinovasi kali ini melalui karya ilmiah siswanya limbah darah sapi dijadikan pupuk organik cair untuk tanaman padi, jagung, cabe, berbuah lebat serta menyuburkan tanaman dan meningkatkan hasil produksi petani. terbukti pada Kompetisi Inovasi Layanan Publik (SINOVIK) 2021, SMK-SMAK Padang terpilih menjadi 4 (empat) besar.

Tahun 2020, SMK-SMAK Padang dinilai sangat baik inovasinya. Selanjutnya tahun 2021 pendampingan penulisan proposal sinovik melalui Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian SMK SMAK Padang dipilih untuk mempresentasikan Inovasi layanan publik mengangkat penelitian siswa SMK SMAK Padang memanfaatkan limbah darah sapi menjadi pupuk organik cair dilaksanakan secara virtual diikuti beberapa satker Kemenperin yang terpilih. 

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Biro Humas Kementerian Perindustrian dalam hal ini diwakili Muhammad Basri. Kemenperin, Sabtu (13/03/2021).

Pada kesempatan itu Kepala SMK SMAK Padang Drs. Nasir, mensuport serta mendorong dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Tim Sinovik SMK-SMAK Padang. Drs. Nasir pun memberikan perhatian khusus kepada siswa dan guru pembimbing yang telah berinovasi membuat limbah darah sapi menjadi pupuk organik cair, tentu berdampak manfaatnya sangat besar bagi petani. Darah sapi selama ini terbuang begitu saja ditempat pemotongan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.  Dan kamipun sudah memberikan edukasi kepada masyarakat petani di Kecamatan Pauh.

"Sasaran kami Sinovik 2021 SMK-SMAK Padang bisa tercapai target yang diinginkan karena ini merupakan kompetisi tingkat Nasional dan hendaknya Tim Sinovik bisa mengukir prestasi pada tahun 2021 ini, yaitu masuk dalam TOP 99 nantinya", pungkas Nasir. (Z)

Posting Komentar

0 Komentar