Wartawan, David Lipson menilai Pilpres Amerika Serikat Mirip Indonesia, Trump Bakal Menhamnya Biden


Wartawan ABC Australia David Lipson menilai Pilpres Amerika Serikat yang tengah berlangsung saat ini mirip seperti Pilpres Indonesia tahun 2019 lalu. Hal itu ia tulis melalui cuitan di akun Twitter-nya @ dikutip impiannews.com.

"Feeling like Indonesian politics rn (Berasa seperti politik Indonesia)," tulisnya pada 4 November 2020.

Tidak dijelaskannya mengapa ia merasa Pilpres AS kali ini mirip Pilpres Indonesia. Namun diduga karena kedua capres sama-sama saling klaim kemenangan di tengah proses penghitungan suara.

Cuitan Lipson itu pun disambut oleh banyak netizen yang mengetahui perpolitikan Indonesia. Salah satunya adalah guru besar sekaligus peneliti spesialis Asia Tenggara Australian National University, Ross Tapsell.

Tapsell bilang, Pilpres AS hanya akan benar-benar berasa seperti Pilpres Indonesia apabila nantinya Donald Trump berakhir menjadi Menteri Pertahanan di kabinet Joe Biden. Dalam hal ini, ia mengibaratkan Biden sebagai Jokowi dan Trump sebagai Prabowo.

"Betul. Tapi itu enggak akan jadi politik Indonesia kecuali Trump akhirnya menjadi Menteri Pertahanan Biden," tulis Tapsell.

Sejumlah netizen lantas menambah-nambahi kemungkinan susunan kabinet Joe Biden bila menang. Selain Donald Trump jadi Menteri Pertahanan, yang akan jadi Menteri Pendidikannya adalah Mark Zuckerberg, yang selama ini dikenal sebagai sosok yang sukses di bidang teknologi media, sebagaimana Nadim Makarim di Indonesia.

Diketahui hubungan bilateral Indonesia dan AS sedang dekat. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sempat mengunjungi AS pada pertengahan Oktober lalu. Kemudian, Menlu AS Mike Pompeo pun berkunjung ke Indonesia.***


Posting Komentar

0 Komentar